Banjir Myanmar Tewaskan 10 Orang

Banjir Myanmar Tewaskan 10 Orang

Banjir telah menewaskan sedikitnya 10 orang dan memaksa puluhan ribu orang lainnya dari rumah mereka di Myanmar. Dilansir dari The Straits Times beberapa waktu yang lalu, area luas lahan pertanian telah tenggelam oleh air berlumpur, dengan hanya atap rumah yang terlihat.


"Ada 10 orang terbunuh oleh banjir," kata seorang pejabat Departemen Kesejahteraan Sosial kepada AFP tanpa menyebut nama, menambahkan bahwa jumlah itu termasuk tiga tentara yang kematiannya dipastikan pada hari Minggu.

"Ada lebih dari 54 ribu orang terlantar akibat banjir di seluruh negeri," ujarnya.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di beberapa daerah, sementara 163 kamp telah didirikan untuk para pengungsi di bagian selatan, timur dan tengah negara itu (Nile International)
Beberapa orang yang terdampar diselamatkan dari perairan yang bergejolak oleh kapal penyelamat. Sementara relawan menggunakan rakit yang terbuat dari tong dan potongan kayu.

Perintah evakuasi telah dikeluarkan di beberapa daerah, sementara 163 kamp telah didirikan untuk para pengungsi di bagian selatan, timur dan tengah negara itu.

“Biasanya ada banjir, tapi tidak seperti tahun ini. Tahun ini adalah yang terburuk,” kata Myint Myint Than, salah satu dari ratusan orang yang berlindung di tempat penampungan di Bago.

Yang lain menolak meninggalkan rumah mereka yang banjir meskipun ada peringatan dari pihak berwenang. "Saya belum pergi ke tempat penampungan karena beberapa tempat penampungan tidak memiliki tempat tersisa. Tetapi jika banjir menjadi lebih buruk dari ini, saya harus melarikan diri," ujar Khin Mar Yee mengatakan kepada AFP melalui jendela atas rumahnya yang terendam.

Banjir di Myanmar terjadi ketika musim hujan yang sangat deras terus menghantam wilayah itu, membawa hujan lebat yang berkontribusi pada runtuhnya bendungan pekan lalu di Laos, yang menyebabkan banyak orang tewas atau hilang.

Myanmar dilanda banjir hebat setiap tahun dan para ilmuwan iklim pada 2015 menempatkannya di urutan teratas daftar global negara-negara yang paling terpukul oleh cuaca ekstrem. [www.tribunislam.com]

Sumber : jawapos.com

Sebarkan...