BNPB Sebut Lumpur Sebagai Kendala Pencarian Korban di Palu


BNPB Sebut Lumpur Sebagai Kendala Pencarian Korban di Palu

Sebanyak 1.407 jenazah telah dimakamkan kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Kamis hari ini (4/10/2018).


Meskipun begitu diperkirakan hari ini masih ada 113 korban belum ditemukan sampai pukul 13.00. Kendala terjadi pada medan yang berlumpur, seperti dikutip dari Gatra.com.

"Kami masih terus melakukan pendataan. Korban di bawah reruntuhan bangunan. Banyak tertimbun di lumpur berkedalaman 3 meter," katanya di Forum Merdeka Barat.

Hal ini menyebabkan sulit untuk dijangkau. Namun, akan terus dilakukan proses pencarian dengan membersihkan puing-puing bangunan. Ia menuturkan akan terdapat 25 unit alat berat untuk membantu evakuasi.

"Kita mewajibkan evakuasi korban, penanganan jenazah dan percepatan infrastruktur. Akan ada tambahan alat berat dari Kementerian ESDM, PUPR dan Swasta. Anggota tim juga nanti ditambah," ujar Sutopo.

Selain itu, distribusi logistik terus berdatangan. Proses pengiriman dikawal oleh TNI dan Polri. Beberapa korban selamat ada yang sudah keluar dari Palu dan sekarang berada di Makasar.[www.tribunislam.com]

Sumber : voa-islam.com

Sebarkan...