Tokoh Papua: Tidak benar Tol Trans Papua Baru Dibangun Masa Jokowi


Tokoh Papua: Tidak benar Tol Trans Papua Baru Dibangun Masa Jokowi

Polemik soal klaim bahwa jalan Trans Papua baru dibangun di era Pemerintahan Joko Widodo, semakin menguat.


Tokoh masyarakat Papua Natalius Pigai menegaskan, berdasarkan data yang dihimbun dari pemerintah daerah dan data lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Papua dan Papua Barat, Jokowi hanya membangun jalan sepanjang 827 km dari 11 ruas jalan yang dibangun. Sementara Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berhasil membangun 3.444 km selama sepuluh tahun.

Senada dengan Pigai, tokoh masyarakat Papua Christ Wamea juga menegaskan, tidak benar, jalan Trans Papua baru dibangun era Jokowi. “Jadi selama ini ada narasi bahwa jalan Trans Papua itu baru dibangun oleh pemerintahan periode ini ITU TIDAK BENAR , semua presiden memiliki karya dalam membangun jalan Trans Papua. Terima kasih. Tuhan memberkati semua bapak dan ibu presiden yang telah membangun papua. “JUJUR ITU HEBAT”,” tulis Christ di akun Twitter @ChristWamea.

Dalam kultwit panjang @ChristWamea membeberkan pembangunan Trans Papua era Jokowi dan era presiden sebelumnya. “Trans Papua ruas 5 : WAMENA- HABENA- KENYAM-MAMUGU; Panjang TOTAL ruas jalan ini 295 km. Dibangun pada saat Pak SBY sudah tersambung 258 km. Sisa yang belum terhubung 37 km. Ini artinya bahwa pemerintahan sekarang hanya mengerjakan 37 km,” beber @ChristWamea.

Cuitan @ChristWamea itu ditanggapi mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo melalui akun @marierteman. “Waduh, mosok dalam mbangun #Papua Pak @jokowi koq dibandingkan dengan Pak @SBYudhoyono ya beda jauh lah,” tulis @marierteman menanggapi tulisan bertajuk “Sekalipun Berkuasa 3,5 Periode, Mustahil Jokowi Kejar Proyek Trans Papua Era SBY”

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pembangunan di Papua di era Presiden Joko Widodo begitu nyata. Terbukti dengan dibangunnya infrastruktur yang menghubungkan pegunungan Papua dengan wilayah lain.

“Saya dari mulai menjabat sebagai Kapolda Papua pada 2012 sampe dengan sekarang yang baru. Di kepemimpinan Presiden Jokowi ini yang real di gunung terasa. Misalnya Jalan Trans Papua, Bandara Wamena diperbaiki,” kata Tito seperti dikutip liputan6 (20/08).(kl/itoday) [www.tribunislam.com]

Sumber : eramuslim.com



Sebarkan...