Wiranto Bentuk Tim Pengusut HAM, Ka’ban: Urusan Jenazah Danau Toba Saja Gak Kelar..

Wiranto Bentuk Tim Pengusut HAM, Ka’ban: Urusan Jenazah Danau Toba Saja Gak Kelar..

Upaya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto untuk membentuk tim gabungan terpadu yang bertugas menyelesaikan kasus-kasus HAM masa lalu, dipertanyakan banyak pihak.


Ketua Majelis Syura Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban menilai, tim yang dibentuk Wiranto itu kental dengan nuasana politis ketimbang penegakan hukum. Bahkan, muncul opini rencana itu sebagai upaya penjegalan calon presiden (capres).

“Tim Menkopolhukam untuk pengusutan pelanggaran HAM masa lalu nuansa politis terlalu kental ketimbang penegakan hukum bahkan muncul opini penjegalan capres ini akan sia-sia bahkan ibarat menepuk air di dulang terpercik ke muka sendiri. Urusan Westerling, jenazah Danau Toba gak clear,” tegas MS Kaban di akun Twitter @hmskaban.

Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo pun ikut menyebut kasus pelanggaran HAM yang tidak tuntas penyelesaiannya.

“Setuju Pak @wiranto1947, biar MUDAH kita mulai dari kasus yang masih hangat yaitu kasus Novel Baswedan dan kasus penghentian evakuasi 164 jenasah korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba,” tegas Prabowo di akun @marierteman, mengomentari tulisan bertajuk “Wiranto Matangkan Rencana Bentuk Tim Usut Kasus HAM Masa Lalu”.

Sebelumnya, Komisi Untuk Orang Hilang Dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengaitkan Wiranto dengan sejumlah kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Misalnya, Wiranto disebut-sebut dalam laporan PBB soal dugaan pelanggaran HAM di Timor Leste, serta peristiwa penyerangan kantor PDI, 27 Juli 1996, atau peristiwa Kudatuli.(kl/itoday)[www.tribunislam.com]

Sumber : eramuslim.com

Sebarkan...