Pidato MPR, Zulhas Singgung 'Emak-emak' soal Harga Sembako

Pidato MPR, Zulhas Singgung 'Emak-emak' soal Harga Sembako

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan 'emak-emak' mengharapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat menjaga harga kebutuhan sehari-hari atau sembilan bahan pokok (sembako) dalam pidato pembuka sidang tahunan MPR tahun 2018.


"Bapak Presiden, ini titipan emak-emak, titipan rakyat Indonesia agar harga-harga terjangkau terutama kebutuhan sehari-hari," ujar Zulkifli saat berpidato di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Pria yang karib disapa Zulhas itu mengatakan ada salah satu persoalan ekonomi yang terjadi saat yang memerlukan terobosan pemerintah dalam mencari solusi.

Masalah ekonomi itu, kata Zulhas, yakni soal kesenjangan. Pria yang juga dikenal sebagai Ketua Umum PAN itu tak memungkiri bahwa saat ini ada penurunan gini ratio dari 0.41 menjadi 0.39. Namun, sambungnya, penurunan itu tetap tidak mampu meningkatkan pendapatan masyarakat kelas bawah. Indeks gini adalah angka indikator yang menunjukkan ketimpangan antara 'Miskin dan Kaya'.

Selain itu, Zulhas juga menyebut golongan hampir miskin dan miskin jumlahnya masih sangat besar. Golongan itu sangat rentan terhadap perubahan harga.

"Pemerintah perlu menjaga harga-harga kebutuhan rumah tangga agar daya beli mereka tidak tergerus," ujar Zulhas.

Hari ini MPR, DPR, DPD, mengelar sidang bersama pemerintah di komplek parlemen. Setelah sidang bersama MPR hingga dijadwalkan pada pukul 10.20 WIB, dilanjutkan sidang bersma DPR-DPD RI hingga pukul 12.35 WIB. Setelah rehat, agenda dilanjutkan sidang RAPBN yang dijadwalkan pukul 14.00-16.00 WIB.

Sidang tahunan ini digelar menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati saban 17 Agustus. [www.tribunislam.com]

Sumber : cnnindonesia.com

Sebarkan...