Viral Spanduk BPJS Nunggak Klaim Rp 13,4 M di RSUD Wates

Viral Spanduk BPJS Nunggak Klaim Rp 13,4 M di RSUD Wates

Viral di media sosial foto spanduk yang terpasang di RSUD Wates, Kulon Progo, bertuliskan 'BPJS nunggak bayar 13,4 M ke RSUD Wates'. Di bawah kalimat itu terpampang tulisan 'DEMI RAKYAT kami tetap melayani dengan ikhlas sepenuh hati'. Seperti apa faktanya?


Pantauan di RSUD Wates siang ini, spanduk tersebut sudah dicopot. Sumber di lapangan menyebutkan sebelumnya memang terpasang spanduk yang sempat diunggah sebuah akun media sosial. Diketahui spanduk itu dipasang Minggu (29/7) malam dan dicopot pagi tadi.

Saat dikonfirmasi mengenai persoalan tersebut, Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati, belum bisa memberikan jawaban dengan alasan sedang rapat.

Sementara itu dimintai konfirmasi terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Kulon Progo, Agus Tri Utomo, membantah pihaknya memiliki tunggakan atau utang ke RSUD Wates senilai Rp 13,4 miliar.

"Itu versi dokter, versi rumah sakit, silakan tanya ke mereka," kata Agus, Senin (30/7/2018).

Agus menyebutkan hanya ada pengajuan klaim dari RSUD Wates sekitar Rp 4,5 miliar. Klaim itu terhitung untuk bulan Mei 2018 dan baru ditagihkan ke BPJS oleh pihak RSUD pada pertengahan Juni.

"Klaimnya Rp 4,5 miliar, hampir sama jumlahnya tiap bulan. Itu entry bulan Mei diajukan 26 Juni dan sudah kita verifikasi selama 15 hari kita kirimkan ke pusat," jelasnya.

"Itu nanti yang membayar dari pusat, posisi kita hanya verifikasi administrasi dan kita serahkan ke pusat untuk nanti ditransfer dari pusat langsung ke RSUD. Itupun harus mengantri nasional dan menyesuaikan kondisi keuangan negara," sambungnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : opini-bangsa.com, detik.com

Sebarkan...