Kisah Mak Komi, 30 Tahun Nabung Hasil Jual Gorengan untuk Naik Haji

Kisah Mak Komi, 30 Tahun Nabung Hasil Jual Gorengan untuk Naik Haji

Kisah haru datang dari Komi Tajudin Astamad (64) saat memasuki musim haji 2018. Penjual gorengan asal Tasikmalaya ini akhirnya mewujudkan mimpinya menjadi tamu Allah setelah susah payah menabung selama 30 tahun.


Janda warga Kampung Sindanggalih RT001/RW 003, Desa Sindangsari, Kecamatan Bojongasih, Kabupaten Tasikmalaya ini naik haji tahun ini setelah menabung 30 tahun lamanya.

Komi menabung dari hasil menjual gorengan keliling. Ia menjajakan aneka macam gorengan, mulai dari tahu isi, bala-bala, cipe dan lainnya ke rumah-rumah warga sekitar.

Sejak ditinggal wafat suaminya 26 tahun lalu, Komi harus rela menjadi tulang punggung keluarga dan membesarkan tiga orang anaknya. Komi menyambung hidup dari usahanya jualan gorengan keliling.

Keadaan tak membuat Komi patah arang. Mimpinya untuk pergi ke tanah suci terus menggebu di dadanya. Sepeninggal suaminya, ia menyisihkan keuntungannya jualan gorengan untuk biaya naik haji.

"Nabung sudah lebih dari dua puluh genep tahun lalu. Seminggu sekali menyisihkan uang. Kadang 50, kadang 100 ribu," kata Komi ditemui dalam pelepasan jemaah calon haji, Kamis (19/7/2018).

Baru pada tahun 2012 lalu, uang tabunganya sudah mencukupu untuk mendaftar haji. Komi lalu daftar haji lewat KBIH Al Falah Simpang Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Setelah mendaftar, Komi masih harus menunggu giliran dipanggil menjadi tamu Allah. Sembari menunggu, Komi tetap menjalankan aktifitasnya sehari-hari sebagai penjual gorengan keliling.

Tahun 2018 ini, Allah menjawab segala usaha, kerja keras, doa dan kesabaran Komi. Komi tercatat sebagai calon jamaah haji KBIH Al Falah yang tergabung di Kloter 11 Kabupaten Tasikmalaya.

Kisah perjuangan komi dibenarkan ketua rombongan haji, Cecep Badruzamal. Cecep mengetahui Komi berjualan sejak dirinya kecil. Mak komi sudah jadi tulang punggung keluarga.

"Saya tahu persis perjuangan mak Komi, dia luar biasa pak. Dia tamu Allah yang berangkat ke tanah suci dengan doa doanya". ujar Cecep

Saat ditemui detikcom di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Komi tak kuasa menahan rasa haru dan bahagia karena sebentar lagi mimpinya naik haji akan terwujud.  [www.tribunislam.com]

Sumber : detik.com

Sebarkan...