Ini Curhat Peternak di Blitar Soal Naiknya Harga Telur


Ini Curhat Peternak di Blitar Soal Naiknya Harga Telur

Kenaikan harga pakan ternak ayam menjadi faktor utama harga telur naik. Hampir semua bahan pakan masih impor. Saat dolar naik, otomatis harga pakan import pun ikut naik.


Tepung ikan, adalah bahan utama pakan ayam ternak yang dipakai kalangan peternak. Larangan penggunaan AGP pada pakan, membuat komposisi tepung ikan kaya protein diperbanyak untuk meningkatkan imunitas ternak.

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Blitar Sukarman, mempertanyakan kebijakan pemerintah terkait hal ini.

"Kita punya laut luas. Kekayaan laut banyak. Kenapa untuk tepung ikan saja harus import ? Seharusnya pemerintah berinisiatif, membuat BUMN khusus mengelola kekayaan laut. Dibuat tepung ikan yang diolah secara modern," katanya dengan semangat saat ditemui di rumahnya Ponggok, Rabu (11/7/2018).

Menurut Sukarman, sebenarnya sudah ada beberapa nelayan yang membuat tepung ikan. Namun karena proses pengolahannya tradisional, mutunya pun jauh di bawah tepung ikan impor.

"Semua bahan impor. Kami juga minta dengan sangat, pemerintah menekan pabrikan agar harga pakan lebih stabil," tegasnya.

Selain tepung ikan, jagung juga merupakan bahan yang dominan dipakai sebagai pakan ayam. Terkait komoditas jagung, Sukarman menilai regulasi Kementerian Pertanian harus menyesuaikan kondisi yang ada.

"Mentan melarang impor jagung. Padahal harga lebih murah dan kualitas terjaga. Sementara hasil panen di luar Jawa malah diekspor. Lha kami di sini ini lho butuh banyak dan kontinyu, kok malah diekspor," bebernya dengan emosi.

Kebutuhan jagung peternak ayam Blitar memang tinggi. Komposisi jagung adalah 56% dari pakan ayam. Dengan populasi ayam sebanyak 15 juta, standart kebutuhan jagung untuk pakan adalah 0,12 kg jagung untuk satu ekor ayam.

"Sehari kami butuh 1.800 ton jagung. Saya berharap, pemerintah membuat kebijakan baru. Kalau ada daerah luar Jawa yang panen, entah lewat Bulog atau apa, distribusikan saja jagung itu ke Blitar," pungkasnya. [www.tribunislam.com]

Sumber : b-islam24h.com



Sebarkan...