Waspadai Penyakit di Momen Lebaran, Ini Daftarnya

Waspadai Penyakit di Momen Lebaran, Ini Daftarnya

Hari Raya Idul Fitri disambut dengan suka cita seluruh umat muslim dunia. Momen ini kerap dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan menyantap beragam hidangan lezat, mulai makanan bersantan seperti opor ayam, rendang hingga makanan manis, kue nastar.


Hampir semua makanan khas Lebaran itu disantap dan umumnya, banyak orang tidak memedulikan masalah pola makan yang efeknya menggganggu kesehatan. Salah satu penyakit yang kerap dikeluhkan saat Lebaran antara lain, asam urat.

Penyakit ini umumnya disebabkan konsumsi daging, santan hingga jeroan yang memicu munculnya sakit pada sendi.

Konsumsi santan dan jeroan berlebih juga dapat meningkatkan kadar trigliserida atau kolesterol. Sementara kue kering dan manis tinggi akan berdampak pada lemak.

"Lebaran umumnya terjadi penurunan kondisi kesehatan seperti kambuhnya hipertensi dan asam urat. Bagi penderita diabetes, kadar gula darah akan naik. Penurunan kesehatan juga bisa menimbulkan kelelahan dan alergi," kata DR dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Selain penyakit tersebut, dr Ari juga menyarankan untuk waspada terhadap diare. Penyakit ini umumnya muncul karena konsumsi santan dan lemak secara berlebihan serta bahan makanan yang terkontaminasi hingga menyebabkan masalah kesehatan.[www.tribunislam.com]

Sumber : sindonews.com

Sebarkan...