Rutin Sholat Dhuha, Pengurus MUI Ini Awet Muda dan Tak Pernah Punya Utang



Ia telah pensiun sebagai dosen di IAIN Walisongo Semarang pada tahun 2008. Namun wajahnya masih kelihatan awet muda. Yang juga menarik, ia tidak memiliki utang.


Ibnu Jarir, namanya. Setelah pensiun, ia lebih banyak beraktifitas dakwah dengan posisinya saat itu sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.

Apa rahasia Ibnu Jarir hingga awet muda dan tidak memiliki utang? Salah satunya adalah sholat dhuha.

Ibnu Jarir rutin mengerjakan sholat dhuha. Ia membiasakan sholat yang diwasiatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu untuk dikerjakan setiap hari itu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

أَوْصَانِى خَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- بِثَلاَثٍ بِصِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

“Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan (ayyamul bidh), shalat Dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sholat dhuha dan ibadah lainnya membuat Ibnu Jarir merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa. Kedamaian dan ketenangan jiwa inilah yang dipercaya merupakan kunci kesehatan dan awet muda. Ditambah dengan tidak memiliki utang, ketenangan itu benar-benar dirasakannya.

"Orang kalau tidak punya hutang itu pasti hidupnya tenang, Mas. Apa yang didapat disyukuri dan dipergunakan sebaik-baiknya. Coba lihat itu Gayus, meski duitnya banyak, tapi tidak bisa menikmatinya karena terus menjalani sidang dan kini harus tidur dipenjara, padahal duitnya itu banyak sekali. Saran saya, cobalah manage uang dengan baik dan lebih penting lagi lakukan shalat dhuha secara rutin. Upayakan untuk hidup tanpa hutang," kata Ibnu Jarir.

Menurut Ibnu Jarir, banyak penyakit yang menjangkiti manusia modern timbul karena gaya hidup dan membuat orang ngoyo mengejar semua materi duniawi yang diinginkannya. Ingin mobil baru, barang mewah keluaran terbaru, dan seterusnya.

Ibnu Jarir bukan satu-satunya orang yang merasakan keajaiban sholat dhuha. Kisahnya yang diceritakan di buku Sholat Dhuha itu Ajib ini hanya satu di antara ribuan bahkan jutaan kisah terkait sholat dhuha.

Misalnya Ustadz Yusuf Mansur yang sejak pertama kali mengerjakan sholat dhuha telah merasakan keajaibannya. Demikian pula banyak orang yang bercerita kepadanya terkait keajaiban sholat sunnah ini. [www.tribunislam.com]

Sumber : islampos.com

Sebarkan...