Kata Menko Darmin, Masyarakat Gemar Nabung Bikin Pertumbuhan Konsumsi Stagnan



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut perilaku konsumen yang kini lebih memilih menabung dan berwisata menjadi salah satu penyebab stagnannya pertumbuhan konsumsi pada kuartal I 2018.


"Jadi mereka menabung, lalu nanti dibuat untuk membeli tiket pesawat. Nah itu kan bukan konsumsi," ujar Darmin di Jakarta, Senin malam (7/5).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan konsumsi pada kuartal I 2018 hanya sebesar 4,95 persen. Angka itu terbilang stagnan dibandingkan dengan konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2017 sebesar 4,94 persen.

Padahal, konsumsi rumah tangga memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi dan menyumbang sebesar 56,8 persen.

"Memang ya levelnya sekarang seperti itu, jangan diharapkan lagi seperti 2010 dan 2011," kata Darmin.

Akibat pertumbuhan konsumsi yang stagnan, pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini hanya tercatat sebesar 5,06 persen. Angka tersebut naik dibanding kuartal I 2017 sebesar 5,01 persen, tetapi lebih rendah di banding kuartal IV 2017 sebesar 5,19 persen.

"Sebenarnya kalau pertumbuhan itu ya memang tidak terlau bagus dibandingkan target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kuartal I 2018 juga sedikit lebih rendah daripada kuartal sebelumnya," papar Darmin.

Kondisi tersebut, dinilai Darmin membuat pemerintah harus berjuang untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,4 persen.

"Itu (mencapai target pertumbuhan ekonomi) memang butuh perjuangan," pungkas Darmin. [www.tribunislam.com]

Sumber : opini-bangsa.com

Sebarkan...