Bertemu Aung San Suu Kyi di Myanmar, Ini Kata Din Syamsuddin

Bertemu Aung San Suu Kyi di Myanmar, Ini Kata Din Syamsuddin

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dilaporkan telah meminta rezim Myanmar mengakui etnis Muslim Rohingya sebagai bagian dari warga negara. Hal ini disampaikan Din pada pertemuan dengan State Councillor Myanmar Aung San Suu Kyi di Ibu kota Myanmar, Naypyidaw.


Disitat dari Aktual, pertemuan yang dikemas dalam agenda kerja sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) itu menyoroti bahwa kasus etnis Rohingya di Provinsi Rakhine telah menimbulkan keprihatinan dunia khususnya di kawasan Asia Tenggara.

“Tiada jalan lain untuk itu, kecuali mengembangkan koeksistensi damai dan pengakuan kewarganegaraan bersama bagi seluruh rakyat,” ujar Din pada Senin (28/5/2018).

Mendengar desakan itu, Aung San Suu Kyi menyatakan bahwa Myanmar akan berupaya mengamalkan demokrasi. Din optimis bahwa permasalahan Rohingya akan ada penyelesaiannya.

“Masalah di Provinsi Rakhine dan wilayah-wilayah lain di Myanmar akan dapat diselesaikan dengan semangat perdamaian dan rekonsiliasi,” ujar Suu Kyi. [] [www.tribunislam.com]

Sumber : islampos.com

Sebarkan...