Soal Gaji Dosen Asing 65Jt, Tanggapan Dosen Undip Ini Sangat Menohok


Soal Gaji Dosen Asing 65Jt, Tanggapan Dosen Undip Ini Sangat Menohok

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan mendatangkan 200 dosen asing ke Indonesia untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi di Tanah Air.


Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti mengatakan, para dosen tersebut akan menerima gaji antara 3.000 hingga 5.000 USD atau setara Rp39 juta-Rp65 juta (kurs Rp13.000).

Menanggapi hal ini dosen Undip Choirul Anam menuliskan komentarnya melalui facebooknya sebagai berikut:

BENARKAH INI?

Dosen asing akan digaji 20x dibanding dosen lokal yg juga lulusan terbaik dari kampus luar negeri, benarkah?

Jika iya, berarti pengambil kebijakan di Indonesia memang benar-benar pancasilais dan sangat nasionalis.

Sekedar informasi, paper saya yang oleh AAPM dinyatakan terbaik di USA tahun 2016 dan diberi penghargaan sewajarnya, shg alhamdulillah beberapa pakar dari USA, Australia dan Jerman banyak yang mengajak diskusi, di Indonesia hanya dihargai Rp.0.

Bagi saya (dan mungkin para ilmuan lokal lainnya), bukan penghargaan atau uang yang diharapkan, karena berkarya itu adalah bagian dari amal dan bukti cinta kepada Indonesia. Tetapi perlakuan yang tidak adil dan direndahkan sedemikian rupa oleh para pejabat dari bangsa sendiri sungguh sangat menyayat hati.

Sudahlah berkarya sesuai kemampuan, masih dianggap radikal, tak cinta Indonesia, pengkhianat, dll. Ya Allah, apa yang sesungguhnya terjadi dengan negeri ini?

Wallahu a’lam.[www.tribunislam.com]

Sumber : dakwahmedia.co



Sebarkan...