JEBRET! Bikin Klarifikasi Terkait Sa’i, Guntur Romli DIBANTAH Warganet yang Jadi Saksi Mata


JEBRET! Bikin Klarifikasi Terkait Sa’i, Guntur Romli DIBANTAH Warganet yang Jadi Saksi Mata

waktu yang lalu, warganet Indonesia sempat dibuat heboh dengan munculnya video tentang jamaah umrah Indonesia yang melakukan Sa'i (rukun umrah/haji) di Makkah sambil menyanyi lagu Ya Lal Wathan.


Video yang sempat menjadi viral tersebut diunggah pertama kali oleh aktivis JIL yang kini jadi Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli yang dikabarkan juga ikut dalam rombongan umroh 999 Banser ini.

Setelah menjadi viral, Guntur Romli pun menulis sebuah klarifikasi atas kejadian tersebut di lama fan page pribadinya.

Berikut kutipan klarifikasinya.

Dalam ibadah thawaf dan sa'i dipimpin oleh muthawwif, yang merupakan sahabat-sahabat Banser Ansor yang tinggal di Mekkah, Madinah dan Jeddah, secara bergantian, doa-doa seperti yang termaktub dalam buku manasik haji, dilantunkan bersama-sama, doa yang berbeda-beda baik di setiap putaran thawaf hingga setiap perjalanan sa'i dibaca bersama-sama pula.

Di tengah proses Sa'i terdengar adzan Ashar berkumandang, kami pun shalat jamaah Ashar di Mas'a (Tempat Sa'i), setelelah shalat jamaah kami melanjutkan untuk menyempurnakan ibadah sa'i.

Dalam perjalanan terakhir, ketujuh antara Shafa dan Marwa, setelah melantunkan doa perjalanan sa'i ketujuh, kami melantunkan bacaan Istighfar, seperti lantunan di awal Syiir Tanpo Waton yg terkenal itu (tapi syiir Jawa nya tidak dibacakan), kemudian lantunan Allahul Kafi Rabbunal Kafi... Nah sebelum finish di Bukit Marwa, secara spontan ada yg melantunkan Ya Lal Wathan, maka secara spontan pula, jamaah lain yang rata-rata terbiasa melantunkan Ya Lal Wathan mengikuti.

Dalam kutipan tersebut ia menyebut nyanyian terjadi secara spontan.

Namun sayangnya salah satu warganet yang menjadi saksi peristiwa tersebut justru menyebut kejadian itu seperti direncanakan. [www.tribunislam.com]



Sumber : portal-islam.id



Sebarkan...