Akun Facebook Jokowi Sebar Hoax, Benarkah?


Akun Facebook Jokowi Sebar Hoax, Benarkah?

Akun facebook Presiden jokowi kembali dipadati komentar dari para pengguna facebook karena dianggap Akun facebook Jokowi Sebar Hoax soal jalan 1 km ke lokasi haul seorang Kiai di martapura, Kalsel. Kolom komentar akun facebook mengenai hadirnya Jokowi di puncak acara haul ke-13 ulama kharismatik Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari masih ramai. Ini bermula ketika ada orang martapura yang tidak terima acara tersebut dijadikan bahan pencitraan. Masa jokowi datang diantar pakai mobil sampai depan masjid tapi dicitrakan jalan kaki 1 km.

Seorang saksi mata yang mempunyai akun Facebook Rendra Seman Al-Banjari mengatakan, bahwa Presiden Jokowi tidak jalan kaki satu kilometer. Rendra pun membuktikan keterangannya dengan mengunggah video detik-detik kedatangan Jokowi di acara haul Guru Sekumpul. Hal ini disimpulkan oleh netizen bahwa Akun facebook Jokowi Sebar Hoax.

“Kedatangan beliau ke langgar ar-raudah sekumpul bukan jalan kaki sebagaimana yg di tuliskan di halaman FB beliau, beliau naik mobil dan full keamanan seperti keamanan seprti biasa, jdi klw ada yg mengatakan beliau jalan kaki sepanjang 1KM BOHONG. Bisa di lihat di dlm video saya, klw paspamres yg jalan kaki iya, kebetulan saya sma” paspamres jalan kaki nya,” tulis Rendra Seman Al-Banjari.

“Kalau ada berita media yg khususnya mendukung pak jokowi yg mengatakan bahwa pihak klwrga Guru Sekumpul berharap kedatangan pak jokowi itu bohong besar, dan setelah acara kelar beliau hanya saliman dan langsung balik kanan alias pulang,” tambahnya.

“Alhamdulilah beliau sangat hormat dengan peraturan yg di buat oleh pihak klwrga Abah Guru, Tidak ada pidato/sambutan dan tidak ada sambutan khusus utk menyambut kedatangan beliau dan rombongan,” imbuhnya.

“Karna menurut petugas jamah’ah yg hadir -+ 1 juta orang , Sekaligus bsa menjadi rujukan utk pilpres 2019. Mohon maaf sblmnya jika ada yg kurang atau belebih dri postingan saya,” pungkas Rendra.

Postingan ini telah dibagikan banyak netizen. Setelah ramai diperbincangkan, postingan tersebut menghilang di akun Facebook Rendra Seman Al-Banjari, seperti kasus penghadangan Anies baswedan saat Persija Juara piala Presiden. Tapi sudah banyak netizen yang sudah terlanjur men-screenshot dan menyebarkannya. Lalu Benarkah Akun Facebook Jokowi Sebar Hoax ?

Rendra Seman Al-Banjari mengatakan, Jokowi tidak pernah jalan kaki satu kilometer

Dikutip dari akun Facebook resmi Presiden Joko Widodo, Akun tersebut membuat status dengan menyebutkan bahwa lebih sejuta orang hadir di puncak acara haul ke-13 ulama kharismatik Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan.

“Lebih sejuta orang hadir di puncak acara haul ke-13 ulama kharismatik Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan, selepas maghrib tadi malam. Saya yang datang dari Jakarta sampai berjalan kaki satu kilometer menembus lautan jamaah untuk tiba di lokasi pengajian di Musala Ar-Raudhah.

Mereka yang hadir bukan hanya dari Martapura, tapi juga dari luar Kalimantan, bahkan Malaysia dan Singapura. Mereka begitu mencintai Guru Sekumpul, panggilan takzim jamaah untuk Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari yang berpulang pada 10 Agustus 2005 dalam usia 63 tahun.

Semasa hidupnya, Guru Sekumpul begitu kharismatik dan populer di Kalimantan. Ia juga meninggalkan banyak karya tulis. Petuahnya bagi seluruh umat Islam yang selalu ia tekankan adalah menghormati ulama dan orang tua, berbaik sangka terhadap muslimin, murah harta, manis muka, jangan menyakiti orang lain, mengampunkan kesalahan orang lain, jangan bermusuh-musuhan, jangan tamak atau serakah, berpegang kepada Allah, pada kabul segala hajat dan yakin keselamatan itu pada kebenaran.”

Jokowi di acara haul ke-13 ulama kharismatik Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari. Foto: Biro Pers Setpres

Dikutip dari Posjaya.comhttp://www.posjaya.com/2018/03/28/pak-jokowi-kok-sebar-hoax-jalan-kaki-1-kilometer-itu-bohong/, Melihat kontroversi postingan Facebook Jokowi yang dinilai menyebarkan hoax, Analis Politik & HAM Labor Institute Indonesia, Andy William Sinaga mengatakan, kemungkinan yang posting bukan Jokowi.

“Kalau menurut saya, FB Pak Jokowi tersebut bisa saja bukan dioperasionalkan oleh Pak Jokowi sendiri, tapi oleh orang-orangnya atau pendukungnya,” tambahnya.

“Untuk mengantisipasi penggunaan akun yang mengatasnamakan Pak Jokowi, pihak Istana harus menunjuk seseorang atau juru bicara yang mengelola akun FB resmi Pak Jokowi,” tandasnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : ngelmu.co

Sebarkan...