Sempat Timbulkan Kerusuhan di India, Malaysia Larang Film Padmavati, Bagian Inilah yang Putar Balikkan Sejarah Islam



Film Bollywood "Padmavati" dilarang diputar di bioskop Malaysia. Pasalnya, film tersebut dianggap kontroversial dengan penggambaran citra negatif seorang penguasa Muslim.


Film tersebut, kata Dewan Sensor Film Malaysia, tidak disetujui untuk diputar. Sementara banding yang diajukan oleh distributor film tersebut ditolak pada Selasa akhir Januari lalu.

Film tersebut telah menimbulkan banyak protes di India, setelah kelompok-kelompok yang mengkritik proyek tersebut menuduh sutradaranya, Sanjay Leela Bhansali telah  melakukan pemutarbalikan sejarah dengan menggambarkan citra penguasa Muslim sebagai "kekasih" Ratu Padmavati dari klan petempur Hindu Rajput.

Pengadilan tinggi India akhirnya mengizinkan film tersebut diputar di seluruh negeri, meski sempat melakukan pelarangan pada dua negara bagian.

Khusus penolakan di Malaysia, penggambaran citra Sultan Alauddin Khilji. "Dia digambarkan sebagai Sultan yang sombong, kejam, tidak manusiawi, licik dengan berbagai tipu daya, tidak dapat dipercaya dan tidak sepenuhnya mempraktikkan ajaran Islam," demikian dalam pernyataan kementerian tersebut dilansir Reuters.[www.tribunislam.com]

Sumber : bersamadakwah.net

Sebarkan...