Sebelum Akunnya Lenyap, Kartunis Jepang Sempat Bikin Kartun Kereta Cepat "beli murah, uang anda terbuang"



Kartunis Jepang Onan Hiroshi jadi perbicangan ramai publik Indonesia setelah karikaturnya yang mengkritik proyek kereta cepat Jokowi jadi viral.


Onan Hiroshi membuat karikatur yang diberi judul  高速鉄道乞食 (Pengemis Kereta Cepat).

Kritik pedas Onan Hiroshi terkait proyek kereta cepat Jokowi ini sempat disindir oleh warganet bahwa kalau Onan Hiroshi adalah kartunis Indonesia maka bakal langsung dicyduk.

Nah ternyata pagi ini, Minggu (25/2/2018), akun medsos Onan Hiroshi tiba-tiba lenyap, baik akun Facebooknya https://www.facebook.com/onanhiroshicartoon maupun akun twitternya https://twitter.com/hiroshionan.

Sebelum akun medsosnya lenyap, Onan Hiroshi sempat memposting karikatur edisi ke-3 yang kontennya masih seputar kereta cepat.

Karikatur ke-3 ini untungnya ada warganet yang sempat men-screenshot sebelum akun Onan Hiroshi raib.

Dalam karikatur ke-3 ini Onan Hiroshi memberi judul dalam bahasa Jepang dan Inggris:

Japan have proverb "buy cheap and waste your money"

Yang artinya: Jepang punya pepatah "beli murah, uang anda terbuang".

Karikatur ke-3 Onan Hiroshi memggambarkan seorang anak kecil dengan berbaju merah putih dan berpeci (ini sepertinya untuk menggambarkan Indonesia) datang ke toko mainan dan membeli mainan kereta. Ada mainan kereta yang bagus dengan kualitas tinggi tapi harganya mahal $1000, sedang ada juga kereta murah yang diobral (sale) cuma seharga $99. Anak ini kemudian memilih mainan kereta obral seharga $99. Dan sampai di rumah mainan kereta ini langsung rusak.

Onan Hiroshi sepertinya sedang menggambarkan Indonesia yang lebih memilih kereta cepat China yang murah, dan menolak kereta cepat Jepang yang mahal. Padahal dari sisi kualitas dan safety (keamanan) kereta Jepang terbukti. Sedang kereta cepat China beberapa kali terjadi kecelakaan.

Kalau menilik hal ini sepertinya apa yang disampaikan Onan Hiroshi benar.

Selama lebih dari 50 tahun terakhir, kereta cepat Jepang (Shinkansen) terbukti memang nyaris tidak pernah terlibat kecelakaan.

Catataan rekor "bersih" Shinkanden itu tak diraih kereta cepat China (High Speed Train). Kereta cepat di China, pada 2011, tercatat pernah mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan setidaknya 32 penumpang tewas dan ratusan lainnya cedera.

Catatan Kecelakaan Kereta Cepat Jepang dan China
Link: https://www.viva.co.id/berita/dunia/669964-catatan-kecelakaan-kereta-cepat-jepang-dan-china
[www.tribunislam.com]

Sumber : portal-islam.id



Sebarkan...