Teriakan Takbir Menggema di Sidang Perdana Jonru


Teriakan Takbir Menggema di Sidang Perdana Jonru

Pegiat media sosial, Jon Riah Ukur alias Jonru, hari ini Senin (08/01/2018) menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Kelas 1A Jakarta Timur. Agenda sidang ialah pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum. Menurut keterangan dari pengacara Jonru, Djudju Purwantoro, bahwa JPU mendakwa Jonru dengan pasal 28 (2) UU ITE.


Ketika memasuki ruangan sidang, Jonru yang saat itu mengenakan baju koko berwarna putih dan peci corak putih biru. Kedatangannya langsung disambut takbir oleh para pengunjung sebanyak dua kali. Setelah itu, Jonru pun duduk di kursi yang berada di tengah ruang sidang, dan mulai dibacakan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Pengunjung sidang tampak beragam. Ada beberapa anggota FPI dengan seragam lengkap dan sepatu laras berwarna putih. Ada juga ibu-ibu rumah tangga, menyampaikan solidaritasnya kepada terdakwa Jonru.

Oleh JPU, Jonru dikenai Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 A ayat 2 dan/atau Pasal 35 juncto Pasal 51 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 4 huruf b angka 1 juncto Pasal 16 UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 156 KUHP.

Usai pembacaan dakwaan, Jonru mengatakan, akan mengajukan nota keberatan pada sidang selanjutnya yaitu pada hari Kamis (18/01/2018). Jonru pun sempat menjawab pertanyaan wartawan, namun lebih mengandalkan pengacara untuk menjawab seputar isi peradilan.

Sebelum digiring kembali ke ruang tahanan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jonru terlebih dahulu meneriakkan takbir sebanyak tiga kali dengan suara keras dan luapan emosi yang terpancar dari wajahnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : kiblat.net



Sebarkan...