Ceramah Akhir Zaman Dipersoalkan, Pengamat: Terlalu Berlebihan


Ceramah Akhir Zaman Dipersoalkan, Pengamat: Terlalu Berlebihan

Pengamat hukum pidana, Nasrullah Nasution menegaskan bahwa tidak tepat jika Masayu diperiksa polisi hanya lantaran memposting video ceramah akhir zaman. Sebab, isi ceramah adalah mengingatkan masyarakat tentang tanda-tanda akhir zaman.


“Tidak tepat jika dikaitkan dengan UU ITE. Dan terlalu berlebihan apabila ceramah yang isinya mengingatkan masyarakat khususnya umat Islam dipersoalkan,” ujarnya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Kamis (14/12/2017).

Kalau kita lihat dan pahami, kata dia, ceramah ini mengingatkan akan akhir zaman, dan mengajak kepada umat untuk memperbaiki diri dan bersiap akan hari akhir. Maka, ia menengarai ada pihak yang ingin membungkam ulama.

“Sepertinya ada semacam ‘gerakan’ yang ingin membungkam para ulama agar ceramahnya biasa-biasa saja,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kedepan ada komunikasi dan pemahaman yang baik antara aparatur penegak hukum dan ulama. Menurutnya, hal itu penting agar tidak terjadinya interprestasi yang tidak bersesuaian.

“Karena seorang ulama ketika menyampaikan sesuatu pasti ada landasannya, salah satu yang utama yaitu dalil Al-Quran dan As-Sunnah,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Masayu dipanggil pihak kepolisian karena memposting video bertema akhir zaman di channel Youtube-nya.

Ia dituntut dengan pasal Pasal 16 Jo Pasal 4 Huruf b 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 ayat (2) Undang-Undang Rebuplik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.[www.tribunislam.com]

Sumber : kiblat.net



Sebarkan...