Ini Kelemahan Dakwaan JPU Kasus Jonru Menurut Pengacara


Ini Kelemahan Dakwaan JPU Kasus Jonru Menurut Pengacara

Kuasa hukum Jonru pada persidangan perdana di pengadilan negeri Jakarta Timur, Senin (08/01/2018) siang, mengajukan eksepsi atas kliennya. Pengacara melihat kelemahan dakwaan yang digunakan Jaksa Penuntut Hukum (JPU).


“Eksepsi adalah bentuk perlawanan sebagai hak terdakwa. Bahwa pengajuan eksepsi ini didasarkan pada banyak nya kelemahan yang terdapat di dakwaan tersebut,” ungkap Irfan Iskandar, Wakil Direktur LBH Bang Japar sekaligus Kuasa Hukum Jonru kepada Kiblat.net.

Irfan mengungkapkan, kelemahan dakwaan JPU, bahwa dakwaan yang diajukan bersifat alternatif.

“Dakwaan yang bersifat alternative adalah dakwaan yang sifatnya ragu dan penuh keraguan, yaitu dikenakan dengan dakwaan kesatu, kalo lolos dikenakan dakwaan ke dua kalau lolos lagi dikenakan dakwaan ketiga dan begitu seterusnya,” ungkapnya.

Sehingga, dengan adanya tiga pasal dalam dakwaan tersebut, Irfan mengungkapkan, hanya akan ada satu pasal yang akan dijatuhkan sebagai vonis hakim.

“Selain kelemahan dakwaan yg bersifat alternative tadi yg mempunyai makna keragu-raguan , hak lain adalah ternyata tuduhan perbuatan yang dipersalahkan diserap pasalnya adalah sama. Jadi satu perbuatan diterapkan ke dalam beberapa pasal, ini sungguh aneh,” tukasnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : kiblat.net

Sebarkan...