Harga Pangan Mahal, Menko Darmin: Karena Hujannya Banyak


Harga Pangan Mahal, Menko Darmin: Karena Hujannya Banyak

Harga kebutuhan pokok melambung cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Selain faktor naiknya permintaan di akhir tahun, faktor cuaca juga ditengarai menjadi penyebab naiknya beberapa harga komoditas seperti beras dan cabai.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, intensitas hujan yang cukup tinggi menjadi dalang utama naiknya harga beras dan cabai di beberapa daerah.

"Ya karena musim (cuaca) sehingga panen yang terjadi di bulan Januari ini tidak bagus hasilnya karena hujannya banyak," kata Darmin di kantornya, Senin (8/1).

Darmin menegaskan, faktor cuaca di akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 menjadi pemicu mahalnya harga pangan di pasaran.

Untuk menyiasati hal tersebut, Darmin menyarankan agar masyarakat bisa bercocok tanam sendiri sehingga saat harga pangan di pasaran mahal karena faktor cuaca, masyarakat bisa memakai hasil panennya sendiri

"Memang karena faktor cuaca cuma ya persoalannya masyarakat didorong untuk nanam sehingga panennya keluar di musim hujan."[www.tribunislam.com]

Sumber : opini-bangsa.com

Sebarkan...