Presiden: Letusan Gunung Agung Bisa Jadi Atraksi Wisata Tambahan


Presiden: Letusan Gunung Agung Bisa Jadi Atraksi Wisata Tambahan

Meski pun Gunung Agung meletus Presiden Joko Widodo menegaskan wisatawan tidak perlu ragu datang ke Bali. Sebab manajemen bencana gunung berapi sudah berjalan dengan baik.

“Wisatawan tak perlu ragu datang ke Bali. Bahkan mungkin mereka bisa mendapat tontonan tambahan yaitu atraksi gunung berapi. Mereka bisa melihat bagaimana gunung itu erupsi. Yang penting keselamatan masyarakat terjaga dengan baik,” kata Presiden usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Korpri di Monas, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Sebelumnya presiden juga meminta masyarakat yang berada di provinsi Bali, terutama yang ada di sekitar Gunung Agung agar tetap tenang dan mengikuti saran serta imbauan dari pemeritah pusat maupun daerah. Khusus untuk warga yang tinggal di radius 8 – 10 Km dari kawah gunung harus mengungsi demi keselamatan dirinya. 

Presiden juga mengaku telah memerintahkan Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), TNI, Polri, Basarnas, dan kementerian-kementerian terkait untuk bekerja memberikan dukungan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah daerah yang ada di Bali dalam rangka penanganan pengungsi. Presiden juga mengingatkan agar jangan sampai ada korban letusan.

Kementerian Perhubungan dan otoritas bandara diminta betul-betul memperhatikan keselamatan penerbangan. Dia mengingatkan abu vulkanik dari gunung berapi bisa membahayakan penerbangan.

Wisatawan yang terdampak karena bandara ditutup Presiden Jokowi meminta agar ditangani dan dilayani sebaik-baiknya. Dia menegaskan jangan sampai para wisatawan tidak terurus ketika ingin pulang atau keluar Bali akibat penutupan bandara.[www.tribunislam.com]

Sumber : korpri.id

Sebarkan...