Abu Janda di Skak Matt!! Kenapa Kain kafan tidak kuning saja?


Abu Janda di Skak Matt!! Kenapa Kain kafan tidak kuning saja?

Masih ramai soal Abu Janda, saat tampil di ILC setelah mendapat pemaparan yang jelas dari ustadz Felix Siauw mengenai bendera Rasulullah, Abu janda tak terima dalil yang disampaikan oleh ustadz Felix dengan mengatakan bahwa Hadist itu muncul 200 tahun setelah Nabi wafat, ada yang dhoif dan dia terang terangna tidak menerima itu (dalil bendera rasulullah yang sempat dibacakan ustadz Felix Saiuw sebelumnya.


Ustadz Felix membacakan Hadist dari Ibnu Abbas yang artinya: Bendera (liwâ’) Rasulullah –shallaLlâhu ’alayhi wa sallam– berwarna putih, dan panjinya (râyah) berwarna hitam.” (HR. Al-Hakim, al-Baghawi, al-Tirmidzi. Lafal al-Hakim).

Abu Janda tetap ngeyel dan malah menuduh dengan tuduhan logika falasi, ia mempertanyakan kenapa bendera Rasulullah tidak warna kuning atau ijo (hijau), kata Abu Janda setelah terang-terangan menolak Hadist.

Meskipun kemudian ucapan Abu Janda ini dipatahkan Mahfud MD, Abu Janda mendapat kritikan dari tokoh Nahdlatul Ulama, Mahfud MD. Menurutnya, penjelasan Abu Janda bertentangan dengan keyakinan dalam tradisi ormas keagamaan besar di Indonesia tersebut[NU].

Mahfud menjelaskan, hadis memang telah disistemisasi dua abad setelah Nabi Muhamad SAW wafat, namun bukan berarti hadis yang mulai ditata setelah nabi wafat adalah hadis palsu.

Nah kali ini netizen menjawab Abu Janda yang mempertanyakan kenapa bendera nggak warna kuning atau ijo. Hal tersebut disampaikan oleh Mas Febrianto yang menuliskan:

Menjawab tantangan Abu Janda

Kenapa Bendera Rasulullah yang dibawa ormas itu warnanya hitam putih doang ? kok gak warna-warni aja biar meriah ?

Karena ngikutin dalil aja bro !

Dari Ibn Abbas –radhiyaLlâhu ’anhu : “Bendera (liwâ’) Rasulullah –shallaLlâhu ’alayhi wa sallam- berwarna putih, dan panjinya (râyah) berwarna hitam.” (HR. Al-Hakim, al-Baghawi, al-Tirmidzi. Lafal al-Hakim)

Sekarang gantian gue nanya, kenapa kain kafan kok selalu warna putih ? kenapa gak motif batik nusantara atau cetak sablon aja ? apa ndak boleh ?

Pasti karna mengikuti dalil, ya kan? .

Dalilnya menunjukkan sunah warna putih. Tidak sampai wajib.

Nah begitu juga dengan Bendera Rasulullah (Tauhid). Ianya adalah simbol kebanggan kaum muslimin.

Merupakan Syiar Islam, digunakan oleh Rasulullah dalam setiap peperangan, simbol pemerintahan Islam beliau dan juga sebagai sesuatu yang diamanahkan kepada pemimpin perang.

Itu bendera juga bukan milik ormas tertentu, tapi milik kaum muslimin seluruhnya. Entah apapun organisasinya itu 😊[www.tribunislam.com]

Sumber : dakwahmedia.my.id

Sebarkan...