Orasi di Luar Sidang, Eggi Sudjana: Kita Minta Hakim Memutuskan Buni Yani Bebas


Orasi di Luar Sidang, Eggi Sudjana: Kita Minta Hakim Memutuskan Buni Yani Bebas

Buni Yani menjalani sidang vonis atas dakwaan melanggar Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Penasihat Presidium Alumni 212 Eggi Sudjana berharap majelis hakim bisa memvonis bebas Buni Yani.


Eggi yakin bahwa Buni Yani tak bersalah dan tidak bisa dihukum. "Kita minta hakim memutuskan Buni Yani bebas, itu azaz legalitas," kata Eggi dalam orasi di depan Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, tempat Buni Yani disidang, Selasa (14/11/2017).

Selain meminta bebas, Eggi menyebutkan apa yang dilakukan Buni Yani hanya mengulangi apa yang diucapkan ucapan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah diadili dan dikategorikan melakukann penistaan agama Islam.

"Aparat penegak hukum termasuk kepolisian mesti mengerti apa yang dipermasalahkan yaitu omongan Buni Yani yang diviralkan. Yaitu apa ucapan Ahok yang dilansir oleh Buni Yani maka dari itu dia ditersangkakan," sebutnya

Ia pun menilai hakim telah melalui kapasitasnya karena tak menerima eksepsi Buni yani, karenanya sampai hari ini hakim masih mengadili Buni Yani.

"Hakim telah melampaui kapasitasnya, hakim telah mengadili suatu yang sudah benar. Hukum itu ditegakkan kepada yang salah," ujar Eggi.

Jika hakim memvonis Buni Yani bersalah, Eggi menilai hakim dan jaksa tidak memahami hukum. “Ada 2 kemungkinan. Hakim dan jaksa tidak memahami hukum pidana yang sebenernya. Mereka menyimpang dari ilmu hukum. Jadi kemungkinan kedua karena mereka tidak tunduk pada ilmu pengetahuan, mereka tunduk para perintah atasannya," ujarnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : okezone.com

Sebarkan...