Metro TV Angkat Bicara Soal Nasib Hilman Mattauch yang Sopiri Setya Novanto



Pada akhirnya Metro TV angkat bicara terkait seorang kontributornya yang ternyata diketahui saat Setya Novanto kecelakaan, dia menjadi supirnya. Adapun kontributor Metro TV yang menyupiri Setya Novanto itu bernama Hilman Mattauch.Metro TV memutuskan untuk memecat Hilman Mattauch, kontributornya yang menjadi supir saat Setya Novanto mengalami kecelakaan. Namun, sebelum surat pemecatan disahkan dengan ditandatangani pimpinan Metro TV, Hilman ternyata sudah lebih dulu mengajukan pengunduran dirinya dari stasiun televisi berita tersebut terhitung pada Sabtu (18/11/2017).



“Resminya dia menyatakan mengundurkan diri. Cuma kalau dia tidak mengundurkan diri pun HR sudah membuat surat pemberhentiannya,” kata Pemimpin Redaksi Metro TV, Don Bosco Salamun, Minggu (19/11/2017).

Menurut Don Bosco, sejak kejadian kecelakaan yang dialami Setnov tersebut, pada Kamis (16/11/2017) lalu, Metro TV langsung membentuk tim investigasi untuk menelusuri ada atau tidaknya pelanggaran kode etik yang dilakukan Hilman.

Tim investigasi ini pun sudah bertemu langsung dengan Hilman untuk meminta klarifikasi dari Hilman. Hilman diberikan kesempatan untuk membela dirinya, namun fakta memperlihatkan adanya conflict of interest dan hal itu melanggar kode etik. Oleh karena pelanggaran itu Metro TV memutuskan untuk memecat Hilman.

Don menyatakan bahwa kebiasaan di Metro TV adalah narasumber yang akan diundang ke studio dijemput wajib menggunakan mobil khusus dan sopir khusus yang disiapkan perusahaan. Tidak pernah ada sebelumnya wartawan langsung menyupiri narsum dengan mobil pribadi.

“Urusan hukumnya dia mencelakakan. Urusan code of conduct internal kami dia menyopiri Narsum pakai mobil pribadi,” papar Don Bosco.

Don juga menegaskan bahwa tidak pernah ada penugasan atas diri Hilman untuk membawa Novanto ke Studio Metro TV.

Penugasan yang diberikan untuk Hilman hanyalah mencari dan melakukan wawancara ekslusif dengan Ketua DPR yang saat itu tengah menghilang dari kejaran Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Jadi itu (membawa Novanto ke studio) inisiatif dia,” tegas Don.[www.tribunislam.com]

Sumber : ngelmu.id

Sebarkan...