Gara-gara Foto Editan, Habib Rizieq Disebut Menggelandang


Gara-gara Foto Editan, Habib Rizieq Disebut Menggelandang

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjadi korban hoaks. Sebuah foto pengemis perempuan yang sedang meminta-minta di jalanan diedit orang-orang iseng.


Dengan teknik olah digital (oldig) yang sangat kasar, wajah perempuan tua tersebut diganti dengan foto Habib Rizieq. Dia disebut menggelandang di Arab Saudi.

Foto editan Habib Rizieq itu digunakan blog id-detik-news.blogspot.com. Blog tersebut dibuat menyerupai portal berita detik.

Mulai header sampai ikonnya. Pada 5 November 2017 blog itu membuat artikel berjudul Innalillahi, Habib Rizieq Dikabarkan Menggelandang di Saudi Arabia.

Namun, kalau dibaca secara lengkap, sama sekali tidak ada penjelasan yang menyebutkan Habib Rizieq menggelandang di Arab Saudi. Yang ada hanya informasi dari seseorang bernama Adi Setiawan.

Menurut artikel itu, Adi Setiawan menyampaikan kabar ke Dutaislam.com bahwa Habib Rizieq mendapatkan larangan ceramah dari jamaah Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Adi juga menyebut Habib Rizieq yang awalnya dipersilahkan mengisi ceramah di tempat ngaji Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki akhirnya mendapatkan larangan.

Itu terjadi setelah ada jemaah dari Indonesia yang menceritakan soal status HRS sebagai buron aparat keamanan.

”Ceramahnya yang mengumbar kebencian kepada sesama umat Islam di sana tidak mendapatkan simpati,” kata Adi seperti diunggah blog id-detik-news. Artikel dari blog id-detik-news itu memang copy paste dari situs Duta Islam.

Blog id-detik-news juga bukan sekali ini membuat kabar abal-abal. Jawa Pos pernah membongkar keculasan blog itu dalam membuat informasi sesat ketika menurunkan tulisan soal vonis kasus Jonru Ginting.

Blog tersebut sepertinya sengaja dibuat untuk memicu isu konflik SARA. Beberapa nama tokoh agama dicatut.

Misalnya, mereka memasang badge fan page Nasir Al Siddiq. Di bagian sidebar blog itu juga dipasangi banner bertulisan Kristen Chanel (Team Cyber Kristen).

Yang merisaukan, blog-blog tersebut mendulang iklan dengan memunculkan gambar-gambar GIF porno. Iklan-iklan itu berasal dari jaringan iklan adnow.

Jadi, ketika Anda menemukan link atau mendapatkan kiriman tautan blog id-detik-news, lebih baik jangan dibuka. Apalagi ketika sedang bersama anak-anak.

Selain blog id-detik-news dan Duta Islam, artikel yang sama diunggah blog infomenia.net dan bersatu.top. Bedanya, pada blog-blog itu tidak terdapat foto editan Habib Rizieq sedang mengemis di jalanan.

Berdasar penelusuran melalui Google image, foto yang dipakai ternyata foto pengemis perempuan di salah satu sudut di Jakarta.

Wajah perempuan tua tersebut diedit menjadi foto wajah Habib Rizieq. Meski artikel itu aneh, masih banyak netizen yang percaya.

Salah satunya akun Facebook perempuan inisial DTN. Dia membagikan berita tentang Rizieq menggelandang dengan tambahan komentar nyinyir, ”Sudah kangen sama Habib Rijik nih. Kabarnya dia sedang menggelandang di negara Onta he he he.”

Kapitra Ampera, pengacara Habib Rizieq, menyatakan heran dengan munculnya berita itu. Menurut dia, Habib Rizieq dalam kondisi baik-baik saja di Arab Saudi. Tidak ada penolakan ceramah, apalagi sampai menggelandang.

”Bukan hanya di Saudi. Di Yaman, beliau juga disambut baik oleh banyak pihak. Saya heran apa itu motif penyebar hoaks,” ujar Kapitra melalui sambungan telepon kemarin. (gun/eko/c10/fat)

Fakta

Foto Reizieq Shihab menggelandang di Arab Saudi merupakan hasil editan foto pengemis perempuan di Jakarta. Pengacara Rizieq memastikan bahwa kliennya dalam kondisi baik-baik saja saat berada di Arab Saudi maupun ketika berkunjung ke Yaman.[www.tribunislam.com]

Sumber : jpnn.com

Sebarkan...