Makjleb, Jawab Usulan Pembentukan Densus Tipikor, JK: Polri Sendiri Beberapa Kali Ada Dugaan Korupsi


Makjleb, Jawab Usulan Pembentukan Densus Tipikor, JK: Polri Sendiri Beberapa Kali Ada Dugaan Korupsi

Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak menyetujui wacana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang dilontarkan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian. Menurut JK, Polri sendiri adalah lembaga yang sempat beberapa kali disoroti karena adanya dugaan tindak pidana korupsi di sana.

"Difokuskan dulu lah KPK itu dan harus dibantu. Dan harus bekerja secara baik itu polisi. Banyak juga masalah korupsi ditangani polisi kan?" ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

JK menyampaikan hal yang lebih tepat untuk dilakukan guna meningkatkan kualitas pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini adalah memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

JK juga menyampaikan, bertambahnya lembaga yang memiliki kewenangan pemberantasan korupsi dikhawatirkan malah akan menciptakan ketakutan pengambilan keputusan di kalangan penyelenggara negara. Menurut JK, kehadiran Densus Tipikor juga akan menyebabkan hal yang berujung kepada terhambatnya laju pemerintahan.

"Bahaya juga kalau semua pejabat takut ya walaupun dia tidak korup. Takut juga dia nanti mengambil keputusan," ujar JK. (ase)[www.tribunislam.com]

Sumber : viva.co.id

Sebarkan...