Bahas Freeport, Luhut Terbang ke AS Temui Menteri Perdagangan


Bahas Freeport, Luhut Terbang ke AS Temui Menteri Perdagangan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menemui Secretary Of Commerce atau Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Louis Rose saat melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat, pekan lalu.

Salah satu topik yang dibahas adalah tentang invetasi Freeport di Papua.

Luhut menceritakan, Wilbur sempat menanyakan kepadanya mengenai besaran divestasi saham PT Freeport Indonesia. Luhut menjawab, 51 persen dan angka tersebut sudah tetap dan tidak bisa ditawar.

"Mereka tanya, pertama soal Freeport. Dia tanya, Freeport gimana. Saya bilang 51 persen nggak bisa ditawar," kata Luhut saat bertemu di kantornya, di Jakarta Pusat,  Selasa (17/10/2017).

Luhut menyebutkan, yang masih dibahas adalah realisasi divestasinya apakah akan dilakukan pada 2019 atau 2020.

Sementara poin mengenai kewajiban membangun pabrik smelter tidak menjadi bahasan antara keduanya.

Pemerintah AS percaya dengan pengelolaan Freeport oleh pemerintah Indonesia.

"Prosesnya saja, mau selesai 2019 apa 2021. Smelter tidak ada diskusi. Pengelolaan sepenuhnya di tangan Indonesia. Mereka nggak masalah," kata Luhut.

Selama kunjungan,  Luhut juga bertemu bos Freeport McMoran, Richard Adkerson. Namun menurut Luhut mereka sama sekali tidak membahas mengenai divestasi saham Freeport.

"Saya ketemu Adkerson tapi saya nggak bicara spesifik sama dia. Saya ketemu dan ngobrol soal Freeport ke Mendag itu. Dia (Richard Adkerson) nggak ada pertanyaan lagi kok ke saya," tutur Luhut.

Saat ini Pemerintah Indonesiamelakukan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia mengenai divestasi yang dikoordinatori oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN. Soal operasionalnya, dikoordinatori Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).[www.tribunislam.com]

Sumber : tribunnews.com

Sebarkan...