Benarkah Pemerintah Bantu Muslim Rohingya? Ini Faktanya!


Benarkah Pemerintah Bantu Muslim Rohingya? Ini Faktanya!

Polemik soal bantuan pemerintah Indonesia kepada muslim Rohingya terjadi di media sosial. Pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah sudah membantu dengan mendirikan sekolah, rumah sakit dan lainnya dianggap sebagai klaim sepihak oleh seorang warganet bernama Azzam Mujahid Izzulhaq. Benarkah demikian?


Berikut penjelasan Tomy Hendrajati (Program Director PKPU) melalui akun facebooknya.

Kita, adalah Indonesia

Seiring dengan beredarnya BC di Sosmed tentang pertanyaan kontribusi pemerintah RI dlm bantuan Kemanusiaan di Myanmar sebagaimana postingan oleh Sdr Azzam Mujahid Izzulhaq, maka Saya memberikan penjelasan sbb :

1. Bahwa Benar, Pemerintah RI telah membangun 4 sekolah di Rakhine & 2 sekolah kontribusi masyarakat Indonesia melalui PKPU Human Initiative

2. Bahwa Benar, pemerintah telah mengirimkan 10 kontainer bantuan makanan ke Rakhine Myanmar karena sy ikut menyaksikan dlm serah terima bantuan & pendistribusiannya ke camp Rohingya di Rakhine

3. Semua bantuan yg telah dilakukan PKPU sdh menjadi satu dalam AKIM, aliansi masyarakat dan pemerintah utk misi bantuan kemanusiaan utk membangun perdamaian antara komunitas di Rakhine, Myanmar.

4. AKIM merupakan kolaborasi Masyarakat Indonesia dg Pemerintah. Jadi bagi kami/ PKPU yg muncul adalah Merah Putih. Bukan lagi siapa dg siapa. Tetapi mjd satu dalam misi Indonesia utk Kemanusiaan di Myanmar. Kolaborasi ini sangat diperlukan utk mengoptimalkan akses dan bantuan kepada komunitas Rohingya & Rakhine di Myanmar.

5. Kolaborasi dalam AKIM ini adalah kolaborasi unik dlm bantuan kemanusiaan shg banyak mendapatkan apresiasi dari para pihak di dunia kemanusiaan

6. Menurut sy bukanlah yg bijak membenturkan keadaan seperti ini. Bukan memberikan solusi, tetapi seakan memecah kekuatan yg telah dijalin antar potensi Bangsa dlm kesertaan berkontribusi utk kemanusiaan.

Semoga bermanfaat dan tetap solid utk kemanusiaan.

Tomy Hendrajati

Program Director PKPU

Komite AKIM [www.tribunislam.com]

Sumber : wajada.net

Sebarkan...