Universitas Pamulang Larang Mahasiswi Bercadar karena Ganggu Kelancaran Perkuliahan


Universitas Pamulang Larang Mahasiswi Bercadar karena Ganggu Kelancaran Perkuliahan

Dikabarkan Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan, Banten melarang mahasiswinya menggunakan cadar. Selain itu, dilarang pula bagi mahasiswa berambut gondrong.


Wakil Rektor Unpam Bidang Kemahasiswaan Ir. Sewaka mengungkapkan bahwa pelarangan menggunakan cadar demi kelancaran proses perkuliahan.

“Unpam ini kan sekolah umum, tidak berlandaskan agama manapun. Kita ingin perkuliahan berjalan lancar. Proses komunikasi juga harus lancar, contohlah saya dengan Anda berkomunikasi dengan menutup muka (bercadar) buat apa?” kata Sewaka seperti dikutip dari Suara Independen.

Sewaka melanjutkan, “Kita juga kan ingin tahu ekspresi, apakah serius atau tidak, lebih-lebih dalam proses belajar. Soal tidak boleh gondrong ini soal kesopanan berpenampilan saja."

Aturan ini mendapat penolakan dari kalangan mahasiswa. Tidak adanya sosialisasi langsung kepada mahasiswa menjadi sebab banyaknya penolakan terhadap peraturan baru tersebut.

Menanggapi penolakan ini, Sewaka meminta kepada himpunan-himpunan mahasiswa untuk bersikap netral tidak condong pada suatu golongan, karena anggota-anggota himpunan-himpunan itu sendiri berasal dari berbagai suku, ras bahkan agama.[www.tribunislam.com]

Sumber : voa-islam.com

Sebarkan...