Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar


Tidak Hanya Unpam, Inilah Kampus-kampus yang Melarang Mahasiswi Bercadar

Polemik pelarangan cadar ternyata banyak terjadi di kampus Indonesia. Padahal Indonesia sendiri terbilang mayoritas Islam, namun phobia terhadap syariat Islam terutama masalah masalah cadar marak terjadi. Belakangan, Universitas Pamulang pun ikut memberlakukan aturan ini dengan dalih memperlancar proses komunikasi.


Berikut beberapa universitas di Indonesia yang melarang mahasiswinya mengenakan cadar, yang dirangkum dari berbagai sumber.
  1. Pada April 2017, aturan larangan bercadar diberlakukan di IAIN Jember. Alasannya, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik IAIN Jember, Nur Salikin mengatakan bahwa cadar dinilai tidak mencerminkan Islam yang ramah dan menyejukan.
  2. Pelarangan cadar bagi mahasiswi Muslimah juga terjadi di kampus Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Banjarmasin pada Kamis, 26/032015. Alasanya karena menganggu proses belajar mengajar. Hal itu diungkapkan oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), H Sutarto Hadi.
  3. “Kami sepakat tidak mengizinkan mahasiswa memakai cadar. Kalau ada mahasiswa yang pakai cadar ya akan kami tegur. Kalau tetap ngotot, kami sarankan cari perguruan tinggi lain,” tegasnya.
  4.  Pelarangan selanjutnya terjadi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM), Jakarta pada (22/09/2013). Korban yang terkena pelarangan tersebut adalah Sumayyah. Bahkan dia dikeluarkan oleh pihak kampus.
  5. “Pihak kampus memberikan pilihan yang intinya apabila saya mau mengikuti perkuliahan, maka saya harus membuka cadar, atau jika saya memilih tetap mengenakannya, maka kemungkinan terpahit saya akan di keluarkan dan mereka akan mengembalikan administrasi yang terlanjur saya bayar, sebesar kurang lebih empat juta rupiah,” ujarnya
  6.  Belakangan ini yang baru terjadi adalah kampus Unpam, kota Tangerang Selatan pada hari Senin Senin (07/08/2017). Kampus tersebut mengeluarkan kebijakan baru yaitu pelarangan Cadar dan Rambut Gondrong, karena dinilai menganggu proses belajar mengajar. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ir. Sewaka.[www.tribunislam.com]
Sumber : kiblat.net

Sebarkan...