Peneliti Indef Ibaratkan Jokowi Seperti Nero Kaisar Romawi


Peneliti Indef Ibaratkan Jokowi Seperti Nero Kaisar Romawi

Peneliti dari Indef, Sugiyono mengatakan, rencana atau keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan dana haji untuk diinvestasikan kepada proyek infrastruktur adalah hal yang wajar.


Diungkapkannya, hal yang ingin dilakukan oleh Jokowi saat ini sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya tidak terkejut itu. Saya nggak terkejut. Jadi, waktu zaman Pak SBY maupun Jokowi," kata Sugiyono saat dihubungi oleh wartawan di Jakarta, Kamis (03/08/2017).

Akan tetapi, Sugiyono menceritakan, bahwa hal yang ingin dilakukan oleh Jokowi saat ini serupa dengan tindakan Kaisar Nero seorang Kaisar di zaman Romawi yang ingin membangun sebuah kota baru.

Saat itu Nero, lanjut Sugiyono, langsung memilih menyerang kuil yang merupakan tempat ibadah, dan kemudian merampok uang kedua tempat tersebut.

"Kalau sekarang, istilah halusnya pinjam dari dana yang ada hubungannya dengan keagamaan, seperti Kaisar Nero," terang dia.

"Pak Jokowi juga begitu, ingin membuat insfrastruktur, kemudian dia tengak-tengok mencari dana keagamaan ada enggak, dia akan paksa itu. Walalupun ini keras, tapi seperti itu mengulangi kaisar Nero," sambung Sugiyono.

Perlu diketahui, Nero Claudius Caesar Germanicus, adalah kaisar Romawi kelima dan terakhir dari dinasti Julio - Caludian. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada tanggal 13 Oktober 54 karena kematian Claudius.

Kekuasaan Nero sering berhubungan dengan tirani dan kekejaman.Ia telah melakukan beberapa eksekusi, termasuk ibunya dan saudara kandung adopsinya, dan juga kaisar yang "membakar Roma dan pembunuh kekristenan awal.[www.tribunislam.com]

Sumber : oborislam.com

Sebarkan...