Klaim Sudah Ada Akad dengan Calon Jemaah, Kemenag Bebas Kelola Dana Haji


Klaim Sudah Ada Akad dengan Calon Jemaah, Kemenag Bebas Kelola Dana Haji

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menilai tidak ada masalah dana haji digunakan untuk investasi. Pasalnya, telah ada perjanjian antaran calon jemaah haji dengan Kemenag mengenai uang yang mereka telah serahkan.

Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan bahwa dalam proses pengelolaan keuangan haji telah ada akad antara pihak pengelola dan pemilik kuasa yang dalam hal ini peserta haji.

“Di dalam akad itu kuasa mewakilkan pengelolaan keuangan haji kepada Kementerian Agama. Itu namanya akad umum, diserahkan sepenuhnya, termasuk untuk investasi,” kata Anggito saat dihubungi Kriminalitas.com, Jakarta, Sabtu (5/8/17).

Maka dengan akad tersebut pada dasarnya pemerintah atau badan yang bertanggung jawab mengelola keuangan haji berhak menggunakan dana haji tersebut. Lebih lanjut Anggito mengatakan peraturan dalam pengelolaan dana haji pun telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014.

“Ada di Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014, didalam Undang-Undang itu memungkinkan BPKH dalam melakukan investasi,” pungkasnya.[www.tribunislam.com]

Sumber : muslimbersatu.net

Sebarkan...