Didemo Petani Tebu, Mendag Pilih ”Kabur” ke Istana


Didemo Petani Tebu, Mendag Pilih ”Kabur” ke Istana

Setelah puas menyampaikan tuntutannya di depan Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, ribuan petani gula kembali melanjutkan aksinya. Kali ini, para rombongan bergerak menuju kedepan Kantor Kementerian Perdagangan.


Dari pantauan Okezone, meskipun matahari dalam keadaan terik dan panas, namun para rombongan pendemo mulai bergerak menuju Kantor Kementerian Perdagangan. Padahal, Mendag tengah berkumpul di Istana memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Setelah sampai di depan Kantor Kemendag, para petani kembali mensuarajan tuntutnanya. Dimana kali ini para pendemo mengharapkan agar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita tidak melakukan penutupan pabrik gula miliki petani di Cirebon sembarangan dan semena-mena.

"Bang Enggar jangan semena-mena dengan menutup pabrik gula yang ada di Cirebon," ujar salah satu peserta aksi demo yang berdiri di atas mobil pick up, bertempat di depan Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Sebelumnya juga di Kantor Kementerian BUMN, para petani menuntut hal serupa. Di mana saat itu para petani menuntut agar pabrik gula yang dimiliki BUMN agar tidak dilakukan penutupan sebelum adanya pendirian pabrik gula baru.

"Kami keberatan adanya penutupan pabrik gula sebelum didirikan pabrik gula yang baru," ujar Sekertaris Jenderal APTRI M Nur Khabsyin kepada Okezone.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memanggil sejumlah menteri ekonomi ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Turut hadir dalam pertemuan tertutup ini Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.[www.tribunislam.com]

Sumber : umatuna.com

Sebarkan...