Sekjen PBB Serukan Diakhirinya Pendudukan Israel di Tanah Palestina



Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan diakhirinya pendudukan Israel di wilayah Palestina. Dia menekankan bahwa diakhirinya pendudukan adalah satu-satunya jalan yang mengarah pada penyelesaian konflik di wilayah tersebut.

Guterres mengajukan permohonan itu dalam sebuah pesan yang dibacakan oleh wakilnya Amina Mohammed ke sebuah forum yang diadakan di markas besar PBB di New York untuk memperingati 50 tahun Perang Enam Hari, lapor Press TV.

"Pendudukan Israel telah memberlakukan beban kemanusiaan yang berat pada orang-orang Palestina karena generasi orang-orang Palestina tumbuh di kamp-kamp pengungsi yang padat, banyak di antaranya yang menderita kemiskinan dan dengan sedikit atau tidak memiliki prospek kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak mereka," kata Guterres.

Dia juga menggarisbawahi kebutuhan untuk mendirikan sebuah negara Palestina merdeka dan mencatat bahwa mengakhiri pendudukan adalah satu-satunya cara untuk mencapai hak-hak rakyat Palestina yang tidak dapat dicabut.

Inilah saatnya untuk kembali melakukan negosiasi langsung antara kedua belah pihak dan menyelesaikan masalah berdasarkan resolusi, kesepakatan dan hukum internasional yang relevan, kepala PBB tersebut menambahkan.

"Menyelesaikan konflik Israel-Palestina akan menghapus pendorong kekerasan di Timur Tengah dan membuka pintu bagi kerja sama, keamanan, kemakmuran dan hak asasi manusia untuk semua orang," pungkasnya.[fq][www.tribunislam.com]

Sumber : voa-islam.id

Sebarkan...