Polisi Myanmar Kabur Saat Teroris Budha Serang Muslim Rohingya


Polisi Myanmar Kabur Saat Teroris Budha Serang Muslim Rohingya

Bukannya melindung warga, seorang polisi Myanmar malah melarikan diri saat sekerumunan teroris budah menyerang kelompok Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine. Satu orang tewas dalam kejadian tersebut, ujar keterangan pihak keamanan pada Rabu (5/7).



Sekelompok teroris Buddha melempar batu ke arah sejumlah warga Rohingya di ibu kota negara bagian Rakhine, Sittwe, pada Selasa (4/07). Korban tewas adalah Maung Nu (50 tahun) atau yang dikenal dengan nama Monir Ahmad, ujar kantor Kanselir Negara Aung San Suu Kyi, jabatan setara dengan perdana menteri di Myanmar.

Dua polisi mengatakan kepada Reuters bahwa seorang polisi muda tanpa senjata tengah bersama beberapa orang Rohingya saat serangan itu terjadi. Dia tidak bisa melindungi mereka dari amukan massa.

“Kami telah menanyai polisi muda tersebut. Dia mengaku berusaha menghentikan massa namun tidak bisa. Akhirnya, dia melarikan diri kembali ke pos penjagaan polisi,” kata Kolonel Myo Thu Soe, juru bicara kementerian dalam negeri di Naypytaw.

Kolonel Myo Thu Soe melanjutkan, “Belum ada penangkapan atas pembunuhan ini, namun penyelidikan sudah dilakukan.”

Negara bagian Rakhine menjadi ajang gelombang kekerasan oleh kelompok keras Buddha sejak militer melonggarkan kekuasaannya. Ratusan warga suku Muslim Rohingya tewas sementara 140.000 lainnya mengungsi akibat kerusuhan tahun 2012. (Antara/Ram)[www.tribunislam.com]

Sumber : eramuslim.com

Sebarkan...