Perppu Pembubaran Ormas, Gerindra: Jangan Ada Kegaduhan Baru


Perppu Pembubaran Ormas, Gerindra: Jangan Ada Kegaduhan Baru

Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria meminta pemerintah jangan membuat kegaduhan dengan rencana menerbitkan Perppu Pembubaran Organisasi Masyarakat (ormas).

"Undang-undang tentang ormas itu kan sudah ada. Itu juga sudah hasil revisi dari yang sebelumnya. Jadi pemerintah mengeluarkan Perppu ormas tujuannya apa?" kata Riza saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 12 Juli 2017.

Ia mengatakan kalau tujuannya untuk mempercepat pembubaran satu ormas maka patut dipertanyakan. Sebab, Indonesia merupakan negara demokrasi. Kebebasan berserikat pun telah diatur UU.

"Jadi jangan sampai kekuasaan digunakan untuk membelenggu. Regulasi jangan sampai digunakan jadi alat kepentingan. Kalau pembubaran satu ormas, itu kan sudah diatur. Pembentukan, pengakuan ormas, sampai keluarnya surat keterangan dari Kemenkumham dan Kemendagri kan sudah ada aturannya," kata Riza.

Ia menuturkan, pembubaran ormas juga sudah diatur mekanismenya. Misalnya mulai dari langkah persuasif hingga ke pengadilan. Sehingga seharusnya pemerintah cukup melakukan langkah yang diatur dalam UU yang ada saat ini.

"Sampai tidak memberikan bantuan dana baru pengadilan, pembubaran. Harapan kita pemerintah lakukan sesuai dengan UU yang ada. Kalau UU yang ada dianggap kurang bisa didiskusikan dengan DPR. Ini kan jalan keluar sepihak dari pemerintah. Penilaian anti Pancasila kan harus diuji. Jangan subjektif," kata Riza.

Menurutnya, koruptor maupun yang ingin membangkitkan PKI juga anti Pancasila. Tapi ia meminta pemerintah jangan Islam phobia. Sebab akan sangat berbahaya. Apalagi Indonesia negara muslim terbesar di dunia.

"Jadi harus lebih teliti, cermat, hati-hati menyangkut ormas. Apalagi kalau ormas keagamaan. Jadi harapan kami jangan ada kegaduhan baru. Tapi kalau sudah terbukti di pengadilan, itu kita dukung pembubaran ormas sejauh ada bukti-bukti nyata yang diperlihatkan dan dibuktikan di pengadilan," kata Riza.[www.tribunislam.com]

Sumber : viva.co.id

Sebarkan...