Pasukan AS Bunuh 224 Warga Sipil di Raqqah


Pasukan AS Bunuh 224 Warga Sipil di Raqqah

Sedikitnya 224 warga sipil terbunuh dalam serangan koalisi pimpinan AS sejak pasukan Suriah yang mereka dukung memasuki kubu IS di Raqqa sebulan yang lalu, sebuah kelompok pemantau mengatakan, lansir Aljazeera.


Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (the Syrian Observatory for Human Rights-SOHR) mengatakan pada hari Kamis (6/7/2017) bahwa sedikitnya 38 anak dan 28 perempuan termasuk di antara korban serangan udara, menambahkan bahwa mereka tidak memiliki data jumlah korban warga sipil yang terbunuh dengan cara lain, termasuk oleh operasi militer lainnya, akibat ranjau, atau saat mencoba melarikan diri dari kota.

Milisi Arab dan Kurdi dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) masuk ke Raqqa pada 6 Juni setelah melakukan operasi selama sebulan untuk mengepung kelompok Islamic State (IS) di kota utara tersebut.

SOHR mengatakan bentrokan dan serangan udara di Raqqa telah menewaskan 311 pasukan IS dan 106 pejuang SDF sejak 6 Juni.

Puluhan ribu warga sipil diyakini terjebak di dalam Raqqa, dengan peringatan bahwa kelompok bersenjata tersebut menggunakannya sebagai tameng manusia.

Banyak warga Raqqa yang berhasil lolos mengatakan bahwa penembak jitu IS menargetkan siapapun yang mencoba meninggalkan kota.

Koalisi yang didukung AS memberikan bantuan dengan dukungan udara berat, serta penasihat pasukan khusus, senjata, dan peralatan pada SDF dalam serangannya di Raqqa.

Sejak IS merebut Raqqa pada awal 2014, Raqqa telah menjadi ibukota de facto wilayah Suriah kelompok bersenjata tersebut.[www.tribunislam.com]

Sumber : jurnalislam.com

Sebarkan...