Ini Alasan Mengejutkan Kapolda Iwan Makan Bareng Pembacok Hermansyah


Ini Alasan Mengejutkan Kapolda Iwan Makan Bareng Pembacok Hermansyah

Foto Kapolda Metro Irjen M Iriawan makan dengan dua tersangka pembacok Hermansyah–yang diviralkan dan dibumbui kata ‘pantaskah?’– dianggap polisi sebagai hal yang lumrah.


“Pak Kapolda makan dengan tersangka dalam rangka pendekatan. Mungkin dia akan lebih bisa mengungkapkan sesuatu yang lain dari sisi humanisnya yang akan kita angkat. Jadi nggak ada masalah,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto ketika ditanya wartawan mengenai foto tersebut.

Hal itu disampaikannya di Mabes Polri kepada wartawan di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017), dilansir detik.com.

Dalam foto tersebut, Iriawan duduk bersama Kapolres Depok Kombes Herry Heryawan, beberapa perwira, dan dua tersangka. Mereka terlihat berbincang meja yang sama.

Di atas meja tersebut terdapat minuman dan makanan. Namun kedua tangan tersangka terikat tali.

Lebih lanjut, Setyo menjamin tidak ada perlakukan khusus terhadap dua pelaku bernama Laurens Paliyama dan Edwin Hitipeuw itu. Hal itu biasa dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Tidaklah. Semuanya kita lakukan sama. Kadang polisi harus memancing dulu, kita ajak makan dulu, supaya lebih terbuka,” kata Setyo.

Polisi ingin melakukan pendekatan kepada pelaku dengan cara humanis. Hal tersebut salah satu cara penyidikan.

“Itu salah satu teknik dan taktik penyidikan. Jadi tidak ada masalah, mau ajak makan, ajak minum, untuk membuat terang penyelidikan dan penyidikan. Untuk membuat terang perkara,” ucap Setyo.[www.tribunislam.com]

Sumber : pekanews.com

Sebarkan...