Rendahkan Manusia, Komnas HAM Minta Remaja Penghina Habib Rizieq Juga Diproses Hukum



Komnas HAM mengecam tindakan persekusi oleh sekelompok orang yang menimpa remaja M (15) akibat mengunggah status yang dianggap menghina imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab.

Namun demikian, Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai juga meminta agar polisi memproses remaja penghina Rizieq itu. Pasalnya kata Natalius remaja yang mengunggah status tersebut sama saja merendahkan manusia.

"Karena persekusi dilakukan karena ada dugaan tulisan-tulisan yang berorientasi merendahkan martabat manusia, kedua-duanya kami tolak. Jadi, orang yang melakukan tulisan-tulisan atau melalui media sosial yang merendahkan martabat seseorang juga kami tolak, lakukan persekusi juga kami tolak, tidak boleh itu dua dua," kata Natalius kepada wartawan dikantornya, Jakarta, Jumat (2/6).

Natalius meminta agar polisi harus adil baik terhadap pelaku persekusi dan remaja M. Menurut Natalius, M telah melakukan kekerasan verbal melalui tulisannya di media sosial.

"Jadi kalau dengan demikian, pihak kepolisian harus memproses kedua-duanya. Jadi, tidak bisa hanya memproses orang yang persekusi tetapi orang yang menuliskan, melakukan, misalnya melakukan kekerasan verbal melalui tulisannya yang merendahkan martabat manusia, itu juga harus diproses," tegas Natalius. (rmol)[www.tribunislam.com]

Sumber : umatuna.com

Sebarkan...