KRB Ditutup Saat Obama Datang, Warga Kecewa



Setelah menyambut beberapa kepala negara asing, sekali lagi kota Bogor mendapatkan tamu istimewa. Pada pengujung bulan Juni ini, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama datang ke kota hujan.



Sesuai dengan permintaan dari mantan orang nomor satu di negeri adidaya tersebut, tidak ada pengamanan berlebihan yang dilakukan kepolisian. Sepanjang jalan yang dilalui mobil Obama, berjejer aparat keamanan mulai dari satpol PP, polisi hingga personil TNI dengan senjata lengkap. Namun, berbeda dengan sambutan resmi terhadap kepala negara, tidak ada jejeran siswa sekolah yang membawa bendera. Juga tidak ada penutupan jalan.

Kedatangan Obama ke Istana Bogor merupakan undangan resmi dari Presiden Jokowi. Selain ke Istana, Obama juga diajak makan di kafe Green Garden di dalam kawasan Kebun Raya Bogor (KRB). Dikarenakan kehadirannya di KRB, pihak pengelola KRB terpaksa menutup kunjungan untuk wisatawan. Hal tersebut atas permintaan dari pasukan pengamanan presiden (paspamres).

Banyak calon pengunjung yang mengaku kecewa atas penutupan KRB yang dianggap mendadak. "Ya saya kecewa aja, udah jauh - jauh dateng, eh malah gak boleh masuk," ujar Haryani (42), seorang ibu dua anak asal Jakarta yang datang untuk berlibur.

Bagi sebagian pelancong, kekecewaan mereka yang hendak datang menikmati libur lebaran di KRB terbayar dengan kesempatan melihat mantan pemimpin negeri adidaya itu. "Gak apa-apa gak bisa masuk kebun raya, yang penting bisa lihat pak Obama," kata Herry (25) dengan sedikit tawa.

Herry datang ke Bogor sejak pagi dengan kereta komuter bersama kawan-kawannya. Awalnya mereka tidak tahu informasi kedatangan Obama. Ketika tahu KRB ditutup karena akan kedatangan Obama, mereka sengaja menunggu di depan pintu masuk utama Istana Bogor untuk melihat kedatangan presiden kulit hitam pertama di AS itu.

Bukan hanya Herry, puluhan warga lainnya yang merupakan calon pengunjung KRB maupun warga kota Bogor ikut duduk di sepanjang trotoar seberang pintu masuk istana. Sejak siang ba'da salat Jumat, warga sudah mulai berkerumun.

Awan mendung sudah menggelayut di atas kota Bogor, menjelang detik-detik kedatangan Obama. Sampai akhirnya pukul 15.30 mobil yang ditumpangi Obama lewat dan langsung masuk ke istana disertai rintikan hujan dengan intensitas sedang. Kota Bogor yang dijuluki kota hujan seakan turut menyambut kedatangan Obama.

Kedatangan Obama ke Bogor merupakan rangkaian liburan beliau di Indonesia. Sebelumnya Obama bersama keluarga telah mengunjungi Bali dan Yogyakarya. Mereka berpelancong di Nusantara sejak 23 Juni. Setelah Bogor, penerima nobel perdamaian yang pernah melewati masa kecilnya di Jakarta ini, akan hadir sebagai tamu istimewa di Kongres Diaspora Indonesia.

Wali Kota Bogor Bima Arya, turut bangga dengan kedatangan Obama. Ia bersama warga lainnya menunggu kedatangan Obama di depan pintu masuk istana. Beliau mengaku senang dengan kunjungan tersebut. Ia berharap dengan kedatangan Obama, Bogor akan semakin terkenal. "Semoga kota Bogor akan semakin mendunia, terutama kebun raya, kafe di dalamnya dan istana," kata Bima.[www.tribunislam.com]

Sumber : republika.co.id

Sebarkan...