Ini Daftar 59 Orang yang Dianggap Teroris Oleh Saudi CS


Ini Daftar 59 Orang yang Dianggap Teroris Oleh Saudi CS

Jumat 9 Juni 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir mengeluarkan pernyataan bersama berisi daftar teroris terkait orang, lembaga Qatar atau yang didukung Qatar yang dianggap mengancam negara mereka.


Total ada 59 orang dan tokoh, serta 12 lembaga yang masuk dalam daftar teroris keempat negara, seperti dilansir Sky News Arab, termasuk ulama yang tidak asing lagi bagi bangsa Indonesia.

Tercatat sebanyak 26 orang berkebangsaan Mesir, 18 Qatar, 5 Libya, 2 Kuwait, 2 Bahrain, 2 Yordania, 1 UEA, 1 Arab Saudi, 1 Mesir dan lainnya bekewarganegaraan ganda Saudi-Kuwait. Sementara ke 12 yayasan itu terdiri dari 5 yayasan Qatar, 6 Bahrain dan 1 Libya.

Dalam daftar tersebut sejumlah nama-nama tokoh dunia yang tak asing lagi di telinga warga Indonesia seperti Syaikh Yusuf Qardhawi, Syaikh Abdullah Al-Muhaisini dan tokoh lainnya. Adapun yayasan Qatar yang juga aktif di Indonesia dan kerap memberi bantuan pembangunan masjid dan pesantren yang masuk daftar adalah Muassasah Syaikh Ied Ali Tsani Al-Khairiyah.

Orang-orang dan yayasan itu dituduh memiliki agenda mencurigakan dan mendukung sikap Qatar yang di satu sisi mengumumkan memerangi terorisme, di sisi lain mendukung dan mendanai serta melindungi orang dari berbagai organisasi teroris, ujar 4 negara dalam pernyataannya.

Sejak hari Senin (5/06) kemarin, Arab Saudi CS memboikot dan mengisolasi Qatar dengan tuduhan mendukung “teroris”, salah satunya adalah gerakan Ikhwanul Muslimin dan Hamas.

Qatar adalah sejumlah negara Arab yang memiliki kebijakan sedikit berbeda dengan negara-negara Teluk lainnya pendukung Amerika Serikat. Doha kerap memberikan suaka politik kepada sejumlah pemimpin IM dan gerakan-gerakan Islam lainnya. [www.tribunislam.com]

Sumber : eramuslim.com

Sebarkan...