Wiranto: Islam Tidak Mungkin Dibenturkan dengan Pancasila


Wiranto: Islam Tidak Mungkin Dibenturkan dengan Pancasila

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan Islam tidak mungkin dibenturkan dengan Pancasila. Menurut dia, Pancasila bahkan telah menyerap nilai utama dari ajaran tauhid Islam.


Islam dan Pancasila, kata dia, tidak mungkin terjadi benturan. Sebab, ada proses dialogis yang terjalin sejak dulu kala. Ia mengatakan, para ulama terdahulu sudah memahaminya.

"Ternyata Pancasila tidak bisa dipertentangkan dengan Islam," kata Wiranto dalam seminar Keislaman dan Keindonesiaan, Aktualisasi Pemikiran dan Kejuangan Hadratus Syaikh KHM Hasyim Asy ;ari di MPR, Jakarta, Sabtu, 6 Mei 2017.

Menurut Wiranto, Pancasila dan Islam justru melebur. Pancasila menyerap roh dari ajaran tauhid Islam. "Inilah sesungguhnya ketajaman visi tokoh-tokoh Islam," katanya.

Wiranto sengaja hadir dalam acara seminar itu untuk memperoleh gambaran nyata di masyarakat dan mengupas masalah bernegara. Menurut dia, diskusi langsung dengan masyarakat dan pemangku kepentingan sangat penting dalam pengambilan keputusan. Ia pun berharap bisa membuat keputusan yang adil, jujur, dan tanpa tendensi politik.

Dalam seminar itu, Wiranto kembali menegaskan bahwa jatuh dan bangun Indonesia sangat bergantung kepada masyarakat Islam. Menurut dia, hanya toleransi yang bisa menjaga keutuhan bangsa.

Kehadiran Wiranto dalam seminar tersebut juga bertujuan untuk silaturahmi dengan ulama Nahdatul Ulama (NU) Gus Sholah, pengasuh Universitas Pondok Pesantren Hasyim Asya'ri Tebu Ireng, Jombang. Universitas tersebut adalah penginisiasi seminar yang dihadiri Wiranto.[www.tribunislam.com]

Sumber : msn.com

Sebarkan...