Soal Pembubaran HTI, Presidium Alumni 212: Ini Penggembosan terhadap Ormas Islam.


Soal Pembubaran HTI, Presidium Alumni 212: Ini Penggembosan terhadap Ormas Islam.


Sejumlah tokoh Islam, advokat dan aktivis yang tergabung dalam Presidium Alumni 212 mendatangi Komnas HAM di kantornya Jl. Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).


Selain membahas kasus kriminalisasi ulama, dalam pertemuan keempat antara kedua pihak tersebut, juga dibicarakan masalah upaya pembubaran ormas Islam.

"Ada tambahan pelanggaran HAM yang kita laporkan saat ini yaitu terkait pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh pemerintah, menurut kami ini adalah ancaman dan juga intimidasi kepada rakyat. Seharusnya langkah yang ditempuh harus persuasif, karena yang berhak membubarkan sebuah ormas adalah pengadilan," ujar Ketua Presidium Alumni 212 Ustaz Ansufri Idrus Sambo saat konferensi pers di kantor Komnas HAM.

Menurut Sambo, HTI adalah bagian dari masyarakat yang juga berkontribusi dalam Aksi 212. "Kami berkeyakinan, jika upaya HTI dibubarkan ini karena terkait peristiwa penegakan hukum terhadap penista agama," ungkapnya.

"Dan kami juga menisinyalir ada upaya penggembosan terhadap ormas-ormas Islam yang ikut 212. Saat ini HTI dulu, setelah itu mungkin FPI atau yang lain, jadi ini test case," tambah Ustaz Sambo.

Oleh karena itu, menurut dia, sebelum ini melebar pihaknya melaporkan karena ini juga merupakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh penguasa. "Mereka menggunakan jajarannya untuk memberangus hak rakyat untuk berkumpul, berorganisasi dan menyatakan pendapat, padahal itu semua dijamin UUD. Kita berharap jangan sampai kekuasaan dipakai untuk mengintimidasi rakyatnya sendiri," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, selain Sambo, Presidium Alumni 212 juga diwakili oleh Dr Eggi Sudjana SH, Ahmad Michdan, Ustaz Hasri Harahap dan lainnya. Mereka diterima oleh komisioner Komnas HAM antara lain Natalius Pigai, Prof. Dr.Hafid Abbas, Maneger Nasution, dan Siane Indriani dan Ansori Sinungan. [www.tribunislam.com]

Sumber : muslimbersatu.net

Sebarkan...