Pemerintah India Larang Muslim Jual Sapi dan Kerbau di Seluruh Negeri


Pemerintah India Larang Muslim Jual Sapi dan Kerbau di Seluruh Negeri

Pemerintah India pada hari Jumat (26/5/2017) melarang penjualan sapi dan kerbau di pasar hewan untuk disembelih, World Bulletin melaporkan.


Menurut pedoman baru yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim India, seseorang hanya dapat membawa ternak ke pasar terbuka setelah mengajukan pernyataan tertulis bahwa ternak tersebut tidak akan dijual dengan tujuan untuk disembelih.

Keputusan tersebut diperkirakan akan melukai para petani dan pedagang daging Muslim di negara tersebut secara besar-besaran karena pemberitahuan baru tersebut juga melarang penjualan sapi jantan, sapi jantan muda, sapi betina, kerbau, dan unta.

Petani tidak punya pilihan selain memelihara ternak mereka yang sudah tua atau tidak berbobot dan tidak bisa menjualnya seperti dulu.

Pedagang daging Muslim, yang telah menghadapi kekerasan dari kelompok main hakim sendiri, akan memiliki masalah dalam menemukan hewan untuk disembelih. Mereka yang berurusan dengan perdagangan kulit juga akan sulit mendapatkan bahan mentah.

Sapi dianggap suci dalam agama Hindu. Setelah Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada tahun 2014, banyak negara bagian di India memberlakukan undang-undang yang lebih keras mengenai pembunuhan sapi.

Pada tanggal 31 Maret, membunuh seekor sapi di negara bagian barat Gujarat dapat dikenai hukuman penjara seumur hidup setelah Majelis Negara mengubah Undang-undang Pelestarian Hewan Gujarat menjadi lebih keras.

Undang-undang yang diubah tersebut juga menjatuhkan hukuman penjara 7 sampai 10 tahun bagi mereka yang memiliki daging sapi, selain denda mulai dari $ 1500 sampai $ 7500.[www.tribunislam.com]

Sumber : jurnalislam.com

Sebarkan...