Ormas ancam bubarkan diskusi “Islam Tuhan Islam Manusia” di IAIN Solo


Ormas ancam bubarkan diskusi “Islam Tuhan Islam Manusia” di IAIN Solo

Sekelompok elemen masyarakat yang mengatasnamakan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), MUI dan ANNAS (Aliansi Nasional Anti-Syiah) mendatangi pihak rektorat IAN Solo pada Rabu (03/05/2017) menolak penyelenggaran acara diskusi buku "Islam Tuhan Islam Manusia" di kampus tersebut pada 9 Mei 2017 mendatang.


Pihak penolak ini pun menyebarkan flyer yang isinya memboikot acara tersebut, terutama menolak kehadiran penulis buku, Haidar Bagir, yang mereka tuduh sebagai gembong Syiah.

Akan tetapi, Rektor menanggapi penolakan itu dengan mengatakan bahwa acara akan jalan terus karena bagian dari diskusi akademik yang tak boleh diintimidasi. Bahkan, rektor akan menjadi salah satu pembicara di acara tersebut.

Pihak penolak kemudian melunak dengan mengatakan acara tetap boleh diselenggarakan asal tanpa kehadiran Haidar Bagir. Pihak rektorat sejauh ini mendiamkan dan belum memberikan sikap terkait tawaran dari pihak penolak.

Sementara itu, Humas penerbit Mizan, dalam keterangan tertulis kepada Rimanews, Kamis (04/05/2017), mengatakan bahwa Haidar Bagir sendiri mengatakan siap untuk hadir asal pihak IAIN selaku panitia siap melanjutkan acara.

“Sejauh ini peserta acara sudah cukup banyak sejumlah 500-an orang tercatat mendaftar melalui whatsapp untuk menghadiri acara,” kata Nur Hayati Aida dari Humas Mizan Wacana.

Terpisah, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Universalia (YLBHU) yang mengadvokasi kasus ini meminta aparat kepolisian untuk memastikan keamanan acara diskusi ilmiah tersebut apabila panitia dan pihak kampus memilih untuk tetap menggelar acara.

Sebaliknya, jika panitia gamang bahkan tidak siap untuk meneruskan acara dengan melibatkan nara sumber Haidar Bagir, YLBHU tidak merekomendasikan Haidar Bagir untuk hadir demi keselamatan dirinya. [www.tribunislam.com]

Sumber : opinibangsa.id

Sebarkan...