Daripada Berdiri Muhammadiyah Lebih Baik Kristen Berkembang


Daripada Berdiri Muhammadiyah Lebih Baik Kristen Berkembang

“Awas, jangan coba-coba dirikan Ranting Muhammadiyah disini. Daripada berdiri Ranting Muhammadiyah, biarlah Kristen berkembang”, ujar beberapa tokoh di sebuah Kecamatan Jawa Timur.


Kisahnya kurang lebih begini. Di sebuah Kecamatan, Jawa Timur, Muhammadiyah menemukan penduduk Muslimnya sudah minoritas sedang dahulunya mayoritas. Kegiata kristenisasi sangat gencarnya. Gereja udah berdiri dimana-mana.

Muhammadiyah merasa prihatin, kalau-kalau umat Islam di sana punah.

Oleh karena itu, Muhammadiyah berinisiatif membangunkan sebuah masjid yang refresentatif dan ruang kelas untuk TPA. Ketika bangunan sudah hampir selesai, datanglah beberapa tokob dan warga setempat menemui Panitia Pelaksana di lokasi, mempertanyakan tentang kegiatan pembangunan. Diantaranya​ mengenai sumber dana. Panitia menjelaskan bahwa, sumber dananya berasal​ dari PP Muhammadiyah. Mendengar penjelasan itu, mereka meminta agar kegiatan pembangunan dihentikan dan bangunan yang telah berdiri supaya dirobohkan. Kemudian mereka pergi meninggalkan lokasi.

Keesokan harinya, Panitia menemui PP Muhammadiyah di Yogyakarta, melaporkan peristiwa yang terjadi di lokasi. PP Muhammadiyah memberikan petunjuk, agar pembangunan terus dilaksanakan. Kalau mereka datang lagi, bilang bahwa pembangunan tersebut bertujuan agar umat Islam di Kecamatan itu tidak punah. Adapun masjid dan bangunan lainnya diserahkan untuk penduduk setempat. Begitu pula nama Masjid dan pengelolaannya. Mau diberi nama ormas mereka boleh.

Pembangunan terus dilanjutkan. Kurang dari satu bulan bangunan Masjid dan ruang kelas selesai lengkap dengan perabot dan perlengkapan kemudian tokoh dan beberapa orang tersebut datang lagi dengan membawa linggis, martil dan peralatan lainnya, bermaksud akan merobohkan bangunan.

Sebelum melakukan eksekusi, mereka terlebih dahulu menemui Panitia Pelaksana Pembangunan, menyampaikan maksudnya itu.

Panitia menyampaikan seperti petunjuk dari PP Muhammadiyah tersebut di atas bahwa pembangunan tersebut bertujuan agar umat Islam di Kecamatan itu tidak punah. Adapun masjid dan bangunan lainnya diserahkan untuk penduduk setempat. Begitu pula nama Masjid dan pengelolaannya. Mau diberi nama ormas mereka boleh.

Kemudian mereka berkata :

“Awas, jangan coba-coba dirikan Ranting Muhammadiyah di sini. Daripada berdiri Ranting Muhammadiyah, biarlah Kristen berkembang”.

Tantangan dakwah itu selalu ada bagi Muhammadiyah sudah pernah merasakan sejak dahulu namun hal tersebut tidak pernah menyurutkan langkah dakwah Muhammadiyah [spi][www.tribunislam.com]

Sumber : dakwahmedia.news

Sebarkan...