Bongkar Kasus BLBI, Ini Target KPK Selanjutnya


Bongkar Kasus BLBI, Ini Target KPK Selanjutnya

Penyidik Komisi Pemberentasan Korupsi (KPK) selajutnya akan menarget pihak yang mendapat keuntungan dari penyalahgunaan dana kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).


"Fokus yang diutamakan adalah pihak-pihak yang mendapat keuntungan dari BLBI ini. Tentu saja kita akan telusuri aset-aset baik pribadi atau perusahaan. Maka KPK akan menelusuri lebih jauh lagi baik di Indonesia ataupun aset di luar negeri," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di gedung KPK, Kuningan, Selasa (16/5).

Jika nanti dalam penelusuran aset dibutuhkan delik korporasi untuk memproses, maka KPK mempertimbangkan pertanggungjawaban korporasi sesusai delik korporasi yang tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 13 Tahun 2016.

:Korporasi bisa menjadi sarana tindak pidana. Baik dalam menyembunyikan hasil kejahatan, maupun mendapat keuntungan dari tindak pidana,"jelas Febri.

Dalam kasus BLBI imbuh Febri, KPK terlebih dahulu memproses keterangan beberapa saksi dan tersangka. Termasuk di dalamnya pelacakan keberadaan orang yang berkaitan, beserta aset yang terkait kasus ini, sebelum akhirnya memutuskan menggunakan pidana korporasi.

"Tujuan penerapannya fokus kepada pemulihan aset dari kerugian negara akibat kasus korupsi tersebut. Jadi ada dimensi penting yaitu tujuan asset recovery, karena itu kita kerja paralel. Jadi tidak harus menunggu orangnya dulu. Dibutuhkan pemetaan dan kalau ditemukan aset dikuasai koorporasi maka tidak tertutup kemungkinan adanya delik korporasi," demikian Febri.[www.tribunislam.com]

Sumber : rmol.co

Sebarkan...