HRW: Stop Kekerasan Pada Muslim Terkait Sapi!


HRW: Stop Kekerasan Pada Muslim Terkait Sapi!

Kelompok Hak Asasi Manusia Human Right Watch menyatakan keprihatinan atas meningkatnya serangan brutal di India oleh sekelompok orang yang menyebut diri sebagai "pelindung sapi".

Mereka menargetkan umat Islam atau orang dengan kasta yang lebih rendah karena rumor bahwa mereka menjual, membeli atau membunuh sapi untuk mengkonsumsi daging sapi.

Dalam pernyataanya (Jumat, 28/4), Human Rights Watch mengatakan bahwa pihak berwenang India harus segera menyelidiki serangan tersebut dan mengadili mereka yang bertanggung jawab.

Banyak kritikus menuduh warga terkait dengan kelompok Hindu ekstremis yang berafiliasi dengan Partai Bharatiya Janata yang berkuasa.

Human Rights Watch mengatakan bahwa sejak pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada tahun 2015, setidaknya 10 Muslim telah tewas dalam serangan massa terkait tuduhan atas sapi. Modi sendiri telah mengutuk serangan tersebut.

Untuk diketahui bahwa sekitar 80 persen dari 1,3 miliar penduduk India beragama Hindu. Mereka menganggap sapi sebagai sakral. Penjualan daging sapi dilarang di beberapa negara bagian India. [mel][www.tribunislam.com]

Sumber : rmol.co

Sebarkan...