FPI Pastikan Hari ini Ribuan Umat Islam Gelar Aksi Penjarakan Ahok


FPI Pastikan Hari ini Ribuan Umat Islam Gelar Aksi Penjarakan Ahok

Front Pembela Islam (FPI) memastikan turun aksi menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dipenjarakan, besok. Ribuan laskar FPI akan dikerahkan dalam aksi bertajuk Menjaga Independensi Hakim itu.


“Saya belum bisa prediksi (jumlah massa keseluruhan), karena semua elemen juga akan turun. Laskar kami sendiri saja bisa 1.000 orang,” kata Panglima Laskar FPI Maman Suryadi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (27/4) malam.

Maman mengatakan, pihaknya telah mengundang seluruh pengikutnya agar mengikuti demonstrasi. Meski demikian, FPI hanya akan mengerahkan massa dari Jakarta dan sekitarnya.

Sementara anggota FPI yang ada di daerah lain tidak dikerahkan untuk ikut unjuk rasa di Jakarta. Sebab menurut Maman, mereka juga akan menggelar aksi serupa di daerahnya masing-masing.

“Aksi di wilayahnya masing-masing, enggak turun ke Jakarta. Bertahap, ada yang sudah (aksi) duluan, ada yang mungkin bareng (besok), atau nanti menyusul. Jadi enggak serentak besok,” katanya.
Dia menegaskan, aksi besok untuk memberikan dukungan kepada hakim agar memberikan vonis yang sesuai dengan hukum. Maman menyampaikan, FPI menuntut agar Ahok dipenjarakan seberat-beratnya.

Maman enggan berkomentar soal tuntutan jaksa yang menuntut Ahok dengan hukuman pidana satu tahun penjara dan dua tahun masa percobaan. Jaksa menyatakan Ahok bersalah dan dijerat pasal 156 KUHP tentang kebencian terhadap satu golongan.

“Aduh, saya enggak bisa kasih pandangan (soal tuntutan jaksa). Yang penting bagaimana saya mengupayakan hukum ini bisa ditegakkan dan Ahok dipenjarakan. Soal pernyataan jaksa, ane gak mau komentar,” katanya.

Aksi yang dipimpin Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI itu akan dimulai usai salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka berencana melakukan aksi jalan kaki (long march) ke kantor Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang berada di Jalan Gajah Mada.

Maman tidak bisa memastikan pentolan FPI Rizieq Shihab akan ikut turun aksi. Namun dia menegaskan, massa pengikut Rizieq dikerahkan sepenuhnya.

“(Rizieq) Belum tahu. Tapi yang jelas massanya turun. Untuk DKI kami all out,” katanya.

Sebelumnya, anggota tim advokasi hukum GNPF MUI Kapitra Ampera mengatakan, Rizieq Shihab dan istrinya Syarifah Fadlun, saat ini tengah melaksanakan ibadah umrah. Kapitra menyampaikan, Rizieq tidak hadir pada aksi besok.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan membacakan vonis terhadap Ahok pada 9 Mei 2017 atas kasus dugaan penodaan agama. Pada persidangan sebelumnya, Selasa (25/4), Ahok telah membacakan sendiri nota pembelaannya. (cnnindonesia)[www.tribunislam.com]

Sumber : umatuna.com

Sebarkan...